Duduk Terlalu Lama Dapat Memperpendek Umur

6 Mei 2013 Artikel Kesehatan


Peringatan untuk anda yang betah duduk berjam-jam, baik di kantor, mobil, sekolah, atau depan televisi. Para ahli mengingatkan, duduk terlalu lama, bahkan bila anda rutin berolahraga, buruk untuk kondisi jantung. Duduk merupakan aktivitas yang dilakukan untuk rileks. Namun apa yang terjadi bila duduk dilakukan terlalu lama? Jawabannya memang sangat menyeramkan yakni bisa berakibat kematian.

Tak pernah terduga ternyata duduk terlalu lama itu mengakibatkan kematian. Menurut penelitian para ahli kesehatan, jika anda ingin sehat dan berumur panjang maka banyaklah bergerak. Secara umum diketahui orang-orang yang terlalu lama banyak duduk dan tidak pernah sama sekali berolahraga dapat menyebabkan resiko kematian. Dr. James Levine seorang dokter Mayo Clinic di Rochester mengatakan bahwa "sitting disease"atau sering disebut dengan penyakit yang ditimbulkan akibat duduk terlalu lama sama seperti penyakit yang ditimbulkan akibat efek samping dari merokok.

Masalah kesehatan yang disebabkan oleh duduk terlalu lama yaitu:

1. Menyebabkan Penyakit Jantung
2. Tekanan darah menjadi rendah
3. Dapat menyebabkan gangguan fungsi metabolik
4. Menimbulkan sakit leher
5. Meningkatkan resiko sakit punggung
6. Dapat menyebabkan peningkatan resiko diabetes
7. Menyebabkan postur tubuh menjadi bungkuk

Untuk anda yang terbiasa menjalani pekerjaan dengan posisi duduk, ada baiknya anda itu jangan terlalu larut dalam pekerjaannya dan membiarkan anda duduk terlalu lama. Sesekali anda beranjak dari tempat duduk ataupun berdiri untuk memberi waktu tubuh anda agar bisa bergerak.

Para ahli mengingatkan, bahaya duduk kelewat lama bisa menimpa siapa saja, termasuk orang yang aktif berolahraga.Tim Armstrong, pakar olahraga dari WHO, mengatakan, aktivitas fisik akan mendatangkan manfaat lebih besar bila dilakukan secara merata sepanjang hari ketimbang dilakukan pada satu waktu tertentu.

(Dikutip dari berbagai sumber)