Duduk Lama di Depan Komputer? Ini Tips Sehatnya

20 Oktober 2014 Artikel Kesehatan


Komputer saat ini sudah menjadi bagian yang tidak bisa di lepaskan dari kehidupan sehari-hari. Meski sudah bukan rahasia lagi bahwa duduk berlama-lama di depan komputer itu tidak baik untuk kesehatan, tetapi sebagian tetap saja tidak bisa meninggalkannya. Tidak kurang setiap orang yang bekerja di depan komputer menghabiskan hampir separuh waktunya di depan komputer, baik untuk menyelesaikan tugas maupun pekerjaan.

Untuk menghindari terjadi masalah kesehatan, seorang pakar kesehatan, dr Helen Lee, DC, memberikan berbagai tips untuk memperbaiki postur tubuh Anda. Postur duduk yang buruk dapat menyebabkan kesehatan yang buruk juga. Duduk dalam waktu yang lama, tahun demi tahun dapat membuat sirkulasi tubuh menurun, memperlambat metabolisme, ketidakseimbangan gula darah dan berpengaruh pada keseimbangan postur otot.

Berikut bebrapa tips sehat saat di depan komputer:
1. Postur Tubuh

Memiliki kursi sebaik apapun jika cara duduk Anda salah maka tidak akan memperbaiki postur tubuh Anda. Hindari membungkuk, terlalu dekat dengan keyboard komputer dan menyilangkan kaki.

Berikut cara duduk yang tepat:
*. Kedua kaki diletakkan lurus di lantai dengan lutut sedikit lebih tingi daripada pinggul atau bangku.
*. Siku nyaman di samping atau diletakkan di sandaran kursi dan bahu tetap lurus rileks.
*. Kepala memandang lurus ke depan
*. Fokus pada pernapasan perut untuk meningkatkan oksigen ke tubuh. Pernapasan perut juga membuat tubuh tetap santai.

2. Menaruh bantal kecil
Dr Lee menyarankan taruh bantal kecil di belakang punggung bawah Anda. Agar sekitar pinggang dan bokong dapat nyaman dan beristirahat.

3. Banyak minum air
Dehidrasi dapat membuat Anda mudah lelah dan cara duduk cenderung merosot saat Anda kekurangan air dalam tubuh. Minumlah air putih, teh atau jus agar terhindar dari dehidrasi.

4. Bergerak
Hindari duduk seharian di kursi. Bergeraklah secar teratur dengan bangun setiap 15 sampai 30 menit sekali untuk meregangkan otot. Anda juga bisa berjalan-jalan untuk meningkatkan energi.

Dengan selalu menerapkan cara tersebut, maka secara otomatis menjaga kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)