Sering Kesemutan, Awas Diabetes!

24 Mei 2013 Dokter Kecil


Pernahkah merasa kesal saat mengetik karena ujung-ujung jari terasa kebal akibat kesemutan? Biasanya kesemutan dianggap sepele, karena sering terjadi akibat salah posisi duduk atau otot yang tegang. Jika kesemutan disebabkan hal lain, waspada terjadi gangguan kesehatan yang serius.

Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Kesemutan adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu yang timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Penyebab kesemutan, jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan.

Namun bila kesemutan tak hilang setelah bagian tubuh digerakkan dan bila kesemutan menjadi rasa kebal, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Kesemutan jenis ini merupakan gejala penyakit serius.

Gangguan kesehatan serius yang ditandai gejala kesemutan, yaitu diabetes mellitus atau kencing manis. Penderita diabetes, kesemutan adalah gejala kerusakan pembuluh-pembuluh darah. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung syaraf berkurang. Gejala yang dirasakan biasanya telapak kaki terasa tebal, kadang-kadang panas, dan kesemutan di ujung jari terus-menerus.