Dokter Kecil
15 Maret 2013

Mengapa Percuma Makan Buah dan Sayuran Bila Dijus Halus?

Sayuran dan buah-buahan terkadang menjadi momok bagi kebanyakan anak. Padahal kedua jenis makanan tersebut mengandung banyak nutrisi dan serat yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Untuk menyiasati anak yang sulit makan sayur dan buah terkadang orangtua memilih untuk mengolah sayur dan buah menjadi jus yang menyegarkan. Namun, apakah komposisi nutrisi dalam jus olahan sayur dan buah sama dengan komposisi nutrisi dalam sayur dan buah yang tidak dijus?

Pengolahan buah dan sayur menjadi jus hanya memberikan asupan air saja pada anak. Ketika dijus sayuran dan buah akan mengeluarkan banyak air sehingga menyebabkan larutnya kadar serat dari buah dan sayur. Akibatnya, anak hanya mengonsumsi air tanpa ada serat yang masuk ke dalam tubuh.

Cara memberikan asupan serat pada anak yang susah makan sayur dan buah adalah dengan cara mengerok buah menggunakan sendok. Mengunyah buah dan sayur akan lebih banyak menghasilkan serat dalam tubuh ketimbang dijus. Buah seperti pisang dapat dikonsumsi dengan dikerok menggunakan sendok. Sementara sayuran sebaiknya diolah bersama bahan makanan lain.

Artikel Dokter Kecil Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris