Jangan Abaikan Keringat Berlebih

29 April 2013 Dokter Kecil


Saat melakukan aktivitas fisik yang berat atau kondisi cuaca yang panas normalnya tubuh akan mengeluarkan keringat. Walaupun terkadang keringat membuat risih, namun fungsinya sangatlah penting bagi tubuh.

Keringat berguna untuk mengontrol suhu tubuh manusia. Walaupun demikian, keringat yang berlebihan juga perlu diwaspadai. Keringat tidak normal bila kita tidak dalam keadaan yang dapat memicu produksi keringat seperti berolahraga atau kondisi yang panas, tapi tubuh tetap mengeluarkan keringat yang berlebihan.

Apabila ketiak, telapak kaki, dan telapak tangan selalu basah sepanjang waktu meski cuaca sedang tidak panas, dan tidak sedang berolahraga, segera periksa ke dokter. Berdasarkan gejala tersebut bisa jadi tanda-tanda hiperhidrosis atau gangguan keringat berlebih.

Untuk mengatasi kondisi ini, sebaiknya konsumsi anti perspirant untuk mengurangi keringat berlebih, gunakan saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Walaupun produksi keringat di malam hari lebih sedikit, namun antiperspirant akan lebih efektif meresap ke pori-pori dan dapat mengurangi keringat berlebih saat beraktivitas di pagi hari.
Tags