Ditemukan Gen yang Merespon Obat Diabetes

6 Januari 2011 Artikel Kesehatan


Kabar baik bagi penderita diabetes, para ilmuwan mengutarakan bahwa sebuah obat yang biasa digunakan untuk diabetes ternyata memiliki kaitan genetis yang belum terungkap dan hal itu memiliki kemungkinan bisa berujung pada pengobatan diabetes baru dan lebih baik.

Peneliti dari Universitas Dundee menemukan adanya gen ATM memengaruhi kerja obat diabetes metformin pada setiap pasien. Dr Ewan Pearson, Profesor Colin Palmer, dan kolega mereka menggunakan data sebanyak 2.000 pasien diabetes dan sampel darah mereka.

"Hasilnya terlihat bahwa gen ATM dan satu jenis kromosom menentukan respons pasien terhadap metformin. Adapun ATM adalah gen yang terkait dengan sistem respons kerusakan DNA di dalam sel, mekanisme yang bila salah bisa menyebabkan berkembangnya kanker," ulas Pearson.

"Awalnya kami berharap bisa menemukan gen yang terlibat dalam pengaturan gula darah. Ditemukannya pengaruh ATM terhadap respons metmorfin benar-benar tak kami duga sebelumnya," kata Pearson. "Untuk itu, penemuan kami ini nantinya bisa menghasilkan penggabungan manfaat mekanisme pelindung terhadap kanker, penurunan kadar gula darah, dan tentunya menghadirkan pengobatan diabetes yang lebih baik," tambahnya.

Setali tiga uang, Palmer pun menyetujui rekannya tersebut. "Ini merupakan sebuah perkembangan penting yang mendefinisikan bagaimana respons setiap orang terhadap obat diabetes. Namun, tentunya penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan sebelum kami bisa mengadakan uji coba klinis guna menemukan pengobatan terbaik bagi diabetes tipe 2," katanya. Penelitian ini telah dipublikasikan pada jurnal Nature Genetics edisi Desember 2010.

Sumber: mediaindonesia.com