Ditemukan, 5 Gen Terkait Alzheimer

7 April 2011 Artikel Kesehatan


Lima gen terkait dengan alzheimer telah ditemukan. Ini tentunya bisa meningkatkan prospek pengobatan dan pencegahan di masa depan. Berari kini total ada 10 gen yang diketahui berperan memicu alzheimer, bentuk paling umum dari demensia.

Dengan mengatasi efek dari semua gen itu, akan menghilangkan 60 persen dari penyakit di populasi, atau sekitar 300 ribu kasus. Peneliti utama Profesor Julie Williams dari Cardiff University mengatakan dengan penemuan ini, suatu hari nanti para dokter bisa mengidentifikasi mereka yang paling berisiko.

"Dalam 10 sampai 15 tahun mendatang, kami mungkin bisa menemukan obat yang bisa mencegah timbulnya alzheimer dalam cara yang sama seperti kita meminum statin untuk mencegah penyakit jantung," katanya, sepeti dikutip dari Daily Mail, Senin (4/4). Hingga 79 persen dari kerentanan seseorang dipengaruhi pikiran yang ditentukan oleh gen.

Penemuan yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Genetics edisi April 2011 ini difokuskan pada gen yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh, pengolahan kolesterol, dan proses selular yang menghilangkan protein beracun dari otak.

Penemuan lima gen ini berawal saat para ilmuwan tengah mengadakan uji coba dalam menemukan pewarna kuning dalam diagnosis penyakit Alzheimer yang bisa memperpanjang hidup. Terlihat cacing mikroskopis yang diobati dengan bahan itu di laboratorium mampu hidup sampai 70 persen lebih lama dari yang diharapkan. (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com