Diet Vegetarian untuk Penderita Ginjal

6 April 2011 Artikel Kesehatan


Masalah pada ginjal bisa memengaruhi kemampuan tubuh untuk membuang kotoran, menjaga keseimbangan kimia, dan menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Penyakit ginjal bisa disebabkan antara lain oleh kelebihan racun, diabetes, hipertensi, anemia, dan penyakit lupus.

Gejala paling umum dari adanya masalah pada ginjal yakni pembengkakan pada tangan dan kaki. NAmun, bagi penderita penyakit ginjal, tak perlu khawatir, Anda bisa meminimalkan masalah pada ginjal dengan menjalani diet vegetarian. Coba beberapa anjuran di bawah ini seperti dikutip dari eHow.com:

a. Menu makan kaya sayuran dan buah akan mengurangi risiko tubuh dibanjiri lemak jenuh, gula rafinasi, dan makanan olahan. Asparagus, seledri, pisang, wortel dan ketimun kaya akan klorin. Nutrisi itu membantu membangun jaringan dan memperbaiki syaraf yang rusak. Kacang-kacangan seperti kedelai kaya akan asam amino arginin yang penting untuk fungsi ginjal.

b. Hindari pula daging, telur, cokelat, teh, dan bayam karena sulit diproses tubuh.

c. Untuk membantu menjaga kadar gula darah dari fluktuasi, makan lima camilan dalam sehari.

d. Begitu juga, hindari makanan cepat saji (fast food) karena mengandung sodium yang tinggi. Tapi Anda boleh memkan burger sayuran yang berisi daun salada, tomat, dan bawang bombai.

e. Bila memungkinkan, pilih makanan yang dipanggang daripada yang digoreng, bisa tempe, pisang, atau sayuran lain.

f. Sup sayur adalah pilihan tepat untuk makan malam setelah seharian bekerja. Bila Anda memilih sup kalengan pastikan pilih produk denga sedikit kandungan sodium.

Sumber: mediaindonesia.com