Diet Kaya Gula Ganggu Fungsi Hati

26 November 2010 Artikel Kesehatan


Diet kaya akan gula sama buruknya seperti diet tinggi lemak yang dapat menyebabkan tubuh tidak sehat bahkan ketika seseorang mempunyai berat badan normal. Peneliti menemukan tanda-tanda gangguan fungsi hati pada tikus saat diberi makan kaya gula hanya dalam 12 minggu.

Tikus diberi makanan tinggi fraktosa yaitu zat yang memberikan rasa manis gula. Biasanya zat aditif ini ditemukan dalam bentuk sirup jagung. Tikus makan setara dengan diet tingi gula bagi manusia. Misalnya seorang remaja meminum minuman ringan dan permen. Bahaya gula bagi kesehatan akan terungkap meskipun mereka mempertahankan berat badan normal.

Peneliti Australia, Kimberley Mellor mengatakan sebuah hasil menunjukkan kesalahpahaman tentang makanan sehat. Banyak orang mengabaikan potensi terjangkitnya diabetes tipe 2.

"Kita harus mengenali gula. Bukan hanya lemak saja yang berdampak buruk bagi kesehatan. Gula juga berpartisipasi di dalamnya," kata Mellor.

"Dan semua makanan yang kita anggap sehat karena rendah lemak, sebenarnya tidak. Karena makanan tersebut punya kadar gula tinggi,"tambahnya.

Penelitian ini telah dilakukan di University of Melbourne, Australia dan telah dipublikasikan Rabu (7/11).

Sumber: mediaindonesia.com