Diet Dash, Diet Terbaik Sepanjang Masa

6 Januari 2012 Artikel Kesehatan


Diet DASH (Dietary Approachs to Stop Hypertension) terpilih sebagai metode diet terbaik di tahun 2012 menurut U.S News & World Report. Ini adalah kali kedua diet DASH, yang bertujuan untuk mencegah dan mengendalikan tekanan darah ini memenangkan kategori sebagai diet terbaik.

Diet DASH konon ditemukan di Mediterania dan kini banyak ditemukan di negara-negara Barat. DASH menawarkan diet kandungan total lemak, kolesterol, lemak jenuh, dan rendah garam. Selain itu, DASH juga memberikan lebih banyak kalium, magnesium, kalsium, dan serat pangan.

Dalam diet ini, margarin yang digunakan berasal dari minyak zaitun atau minyak canola yang kaya akan MUFA atau asam lemak omega-9. Sayuran dan buah dikonsumsi sampai lebih dari lima takaran per hari, sedangkan makanan sumber hidrat arangnya terutama dipilih dari seral dan biji-bijian (grain) yang utuh.

Untuk memenuhi kebutuhan protein, DASH lebih mengutamakan asupan yang berasal dari ikan dan kacang-kacangan, buncis serta tanaman polong ketimbang daging.

"Meski awalnya ditujuan untuk menurunkan tekanan darah, sebenarnya diet ini memiliki nilai nutrisi yang sangat tinggi," kata Deborah Enos, ahli nutrisi dari Seattle.

Di tempat kedua dalam ranking diet terbaik adalah diet TLC (Theraupeutic Lifestyle Changes) yang bertujuan untuk menurunkan kolesterol. Di urutan selanjutnya adalah diet Mayo Clinic yang lebih fokus pada penurunan berat badan.

"TLC adalah contoh lain dari jenis diet medikal yang menjadi populer. Akan tetapi diet yang membatasi asupan sodium ini mungkin cukup sulit bagi sebagian orang untuk diikuti," kata Enos.

Sementara itu tiga besar diet terbaik untuk menurunkan berat badan adalah diet Weight Watcher, the Biggest Loser diet dan Jenny Craig diet. Menurut data konsumen, ternyata diet Weight Watcher lebih mudah diikuti dan efektf dalam program penurunan berat badan dalam jangka pendek dan panjang.

Pemilihan jenis diet terbaik ini dilakukan oleh panel ahli yang terdiri dari 22 pakar di bidang diet, nutrisi, obesitas, psikologi makanan, ahli diabetes serta dokter jantung.

Para pakar menilai 25 jenis diet dalam 7 kategori, yakni kemudahan untuk dijalankan, kemampuan untuk menurunkan berat badan dalam jangka pendek dan panjang, kelengkapan nutrisi, keamanan dan potensi untuk mencegah penyakit diabetes dan jantung.

Sumber: FOXNews, kompas.com