Diet 2 Hari Ampuh Tangkal Kanker Payudara

14 Oktober 2010 Artikel Kesehatan


Sebuah hasil penelitian telah menunjukkan adanya indikasi bahwa diet selama dua hari selama seminggu dengan hanya memakan sayur, buah, dan susu mampu mencegah seseorang mengidap kanker payudara.

Diketahui, perempuan yang mengurangi asupan 650 kalori per harinya selama dua kali seminggu, tingkat hormon penyebab kanker dalam darahnya secara signifikan akan menurun, menurut hasil studi seperti dikutip dari The Daily Mail.

Dalam studi itu, dilibatkan sebanyak 50 perempuan berusia 30-45 tahun dengan berat badan berlebih dan berisiko mengidap kanker payudara secara genetis. Selama dua hari setiap minggunya mereka membatasi makanan sehingga hanya mengasup sepetiga dari 2.000 kalori yang dibutuhkan perempuan. Adapun menu makanannya terdiri dari empat porsi sayuran, satu buah, dua cangkir susu atau teh hijau. Dan, selama hari lain selain dua hari tersebut mereka diperbolehkan makan seperti biasa.

Setelah enam bulan, para peneliti menyadari bahwa para partisipan mengalami penurunan jumlah leptin dan insulin dalam darah, dua hormon itu bisa menyebabkan kanker.

Selain diet dengan cara ini, para peneliti juga mengadakan uji coba terhadap 50 perempuan. Mereka juga menjalani diet sehari-hari dengan membatasi makanan bergula, daging, dan alkohol sehingga perharinya mereka hanya mengasup 1.500 kalori. Hasilnya, para perempuan tersebut juga mengalami penurunan risiko terkena kanker pada enam bulan kemudian dan ternyata kadar insulin mereka justru menurun lebih drastis ketimbang mereka yang diet selama dua hari seminggu.

Untuk itu, para peneliti pun berkesimpulan diet dua hari per minggu lebih efektif ketimbang diet biasa. Hasil studi ini telah dipublikasikan dalam Journal of Obesity edisi Oktober 2010.

Sumber: mediaindonesia.com