Detektor Autisme Memindai dalam 15 Menit

13 Agustus 2010 Artikel Kesehatan


Tidak lama lagi, autisme pada anak-anak dapat terdeteksi melalui proses pemindaian otak selama 15 menit yang kini tengah dikembangkan oleh ilmuwan Inggris.

Teknik terbaru guna melihat apakah ada perubahan pada struktur otak ini telah diujicobakan pada orang dewasa dan menunjukkan keakuratan sebesar 90 persen. Kurang dari dua tahun lagi, teknologi itu bisa segera diterapkan untuk mendiagnosis dini penyakit yang menjangkiti sebanyak 500 ribu warga Inggris tersebut.

Tak hanya cepat, tapi metode baru ini juga 20 kali lipat lebih efektif ketimbang metode konvensional. Kini, diagnosis terhadap autisme masih dilakukan dengan memantau perilaku pasien melalui serangkaian tes. Proses ini bisa memakan waktu hingga seharian dan melibatkan tim ahli medis serta menghabiskan biaya lebih dari US$3.000. Sementara itu, teknologi baru pemindaian otak hanya memakan waktu beberapa menit dan biaya sekitar US$150.

Meski awalnya hanya digunakan sebagai bagian dari diagnosis awal, nantinya metode baru ini akan menggantikan metode lama secara keseluruhan. Kelainan spektrum autisme (ASD) adalah istilah untuk berbagai macam kondisi yang disebabkan adanya kondisi abnormal dalam perkembangan otak.

Dr Christine Ecker, kepala penelitian dari Institut Psikiatri mengatakan, "Selain cepat dan akurat, metode ini juga berdampak luas. Yakni, mengurangi dampak emosional dan mengurangi biaya yang dibebankan kepada pasien. Hasil uji coba metode baru yang telah dilakukan terhadap 20 orang dewasa penderita autisme dan orang sehat dalam jumlah yang sama diterbitkan pada jurnal The Journal of Neuroscience. (Pri/OL-08)

Sumber: mediaindonesia.com