Deteksi Kesehatanmu Lewat Letak Jerawat!

23 November 2014 Artikel Kesehatan


Siapa sih yang tidak risih bila timbul jerawat di wajah? Apalagi kalau jerawatnya besar dan sudah matang. Pasti rasanya gatal dan sangat mengganggu penampilan. Banyak sekali penyebab jerawat bisa muncul. Mulai dari hormon, debu, kosmetik, alergi, dan masih banyak lagi.

Tapi, walaupun mengganggu penampilan, saat zaman cina kuno dulu, letak jerawat dipercaya bisa mendeteksi kondisi kesehatan tubuh lho! Namanya face mapping. Simak deteksi kesehatan dari letak jerawat berikut:

1. Dahi

Bila timbul jerawat di dahi, berarti ada masalah dengan sistem percernaan kamu. Mungkin kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak seperti junk food. Untuk itu, perbanyak minum air putih dan olahraga ringan setiap hari. Kurangi konsumsi makanan berlemak, gula, dan soda.

2. Di antara alis

Jerawat di antara alis, berarti liver kamu sedang bermasalah. Bisa juga menandakan kamu alergi pada suatu makanan. Kurangi makanan berminyak dan mengandung susu, serta cukupi waktu tidur. Hindari alcohol, merokok, dan juga makan saat larut malam.

3. Pelipis

Bila timbul jerawat di daerah pelipis, berarti ada masalah dengan ginjal kamu. Perbanyak minum air putih. Konsumsi buah - buahan yang segar. Kurangi makan makanan cepat saji.

4. Hidung

Jerawat di hidung bisa menjadi petanda tekanan darahmu tinggi! Cobalah untuk cek ke dokter. Bila kamu tidak ingin memeriksa ke dokter, cobalah untuk kurangi konsumsi daging, garam, dan makanan lain yang berkolesterol tinggi. Hindari juga makanan - makanan pedas.

5. Telinga

Sama seperti pada pelipis, jerawat di telinga juga menandakan Anda harus banyak minum air putih. Kurangi juga minum kopi dan alcohol agar terhindar dari dehidrasi.

6. Pipi dan tulang pipi

Bila timbul jerawat di sekitar telinga, mungkin paru - paru Anda sedang terganggu. Alergi dan merokok biasanya menimbulkan jerawat di sekitar ini. Atau bisa jadi karena sarung bantal atau seprei yang kurang bersih. Rutinlah mengganti sarung bantal Anda.

7. Sekitar bibir

Pada daerah ini menunjukkan adanya gangguan hormon.

8. Dagu

Bila ada jerawat di daerah dagu, menandakan Anda memilki gangguan perut. Konsumsi makanan yang banyak serat agar pencernaan Anda lebih baik.

9. Leher

Bila ada jerawat pada leher, mungkin tandanya tubuh kita sedang melawan bakteri atau virus penyakit. Perbanyak minum cairan dan vitamin, serta hirup udara segar.

Namun, perlu diperhatikan bahwa face mapping ini belum tentu pasti. Karena setiap manusia memiliki jenis kulit yang berbeda- beda. Ynag terpenting adalah selalu jaga kesehatan Anda agar penyakit berbahaya tidak menjangkit.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)