Deteksi Delapan Tanda Utama Kanker

6 Januari 2011 Artikel Kesehatan


Pendeteksian dini gejala kanker kini semakin mudah karena kini peneliti telah menemukan delapan gejala utama yang paling berhubungan dengan kanker. Peneliti dari Universitas Keele juga memberikan kisaran umur yang riskan dengan gejala-gejala tersebut.

Gejala-gejala itu yakni darah pada urine, anemia, darah pada dubur, batuk darah, benjolan pada payudara, sulit menelan, pendarahan pascamenopause, dan hasil tes prostat yang abnormal. Institut Penelitian Kanker Inggris mengatakan setiap menemukan perubahan tak biasa pada tubuh kita, sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan.

Pengutamaan delapan gejala itu didasarkan pada hasil studi yang mengombinasikan 25 penelitian. Ditemukan pula, apabila pasien berusia di bawah 55 tahun, hanya dua gejala yang patut diwaspadai yakni hasil pemeriksaan dubur yang abnormal dan benjolan pada payudara.

Setelah usia 55, khusus kaum pria, gejala sulit menelan memiliki kemungkinan kanker oesophageal. Sementara itu, darah pada urine merupakan gejala yang paling dikhawatirkan untuk pria dan perempuan di atas usia 60 tahun.

Sumber: mediaindonesia.com