Demi Ginjal yang Sehat! Hindari Hal Ini

4 Agustus 2018 Artikel Kesehatan


Memiliki tubuh yang sehat memang diawali dengan organ-organ tubuh yang sehat pula. Jika salah satu organ tubuh Anda tidak sehat, maka organ tubuh tersebut tidak dapat melaksanakan fungsi kerjanya dengan maksimal sehingga membuat organ tubuh yang lainnya juga tidak maksimal dan fungsi kerjanya lebih menurun. Itu akan membuat kesehatan Anda juga menurun. Salah satu organ yang perlu Anda jaga kesehatannya yaitu ginjal. Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat vital karena ginjal ini memiliki fungsi menyeimbangkan tekanan darah, mengontrol kadar asam dan basa dalam darah dan lebih mudahnya yaitu berfungsi mencuci darah Anda yang mengalir diseluruh tubuh.

Gangguan pada ginjal ternyata disebabkan oleh hal-hal sepele yang sering kita lakukan, namun ternyata merusak ginjal. Tentu saja hal-hal ini tidak perlu dihindari sepenuhnya, namun cukup dibatasi agar tidak berlebihan. Garam misalnya, bagaimanapun tetap dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Hanya takarannya saja yang disesuaikan, jangan sampai berlebihan.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan ginjal bermasalah, yaitu:
1. Minum Obat Pereda Nyeri Jangka Panjang

Dalam dosis tinggi dan jangka panjang, minum obat tertentu seperti pereda nyeri dapat merusak jaringan ginjal. Baik obat resep maupun yang dijual bebas, keduanya sama-sama punya efek samping yang merusak. Diperkirakan 1-3 persen kasus gagal ginjal kronis disebabkan oleh penggunaan pereda nyeri yang berlebihan.

2. Merokok
Selain jantung dan paru-paru, merokok juga punya efek negatif terhadap ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa jaringan ginjal pada perokok bisa rusak. Selain itu, diabetes dan tekanan darah tinggi juga memburuk jika konsumsi rokok.

3. Berlebihan Mengkonsumsi Gula
Berlebihan mengkonsumsi gula menyebabkan penyakit seperti diabetes mellitus dan obesitas. Kedua penyakit ini juga berdampak memperparah fungsi ginjal.

4. Berlebihan Mengkonsumsi Garam
Selain gula, hindari konsumsi garam yang berlebihan. Natrium dalam garam bisa meningkatkan tekanan darah, yang berujung pada kerusakan fungsi ginjal. Batasan yang dianjurkan pemerintah yakni konsumsi garam maksimal 1.500 mg/hari.

5. Prosedur Radiologi yang Terlalu Banyak
CT-Scan, X-Ray, dan angiogram terkadang menggunakan pewarna khusus yang disuntikkan ke dalam tubuh untuk meningkatkan kontras warna. Sayangnya, hal tersebut memicu AKI (Acute Kidney Injury) yang diperkirakan dialami oleh 40 pasien di rumah sakit.

Tentu pola makan dan pola hidup yang sehat sangat membantu kesehatan tubuh Anda. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Hidup sehat membuat hidup Anda indah dan jiwa Anda bersukaria karenanya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)