Dehidrasi Menyebabkan Obesitas? Simak Dampak Buruk Dehidrasi bagi Tubuh

13 Februari 2019 Artikel Kesehatan


Kekurangan cairan atau biasa disebut dehidrasi merupakan kondisi di mana seseorang kurang konsumsi air putih, atau terlalu lama beraktifitas sehingga kadar cairan pada tubuh berkurang. Anda pasti tahu akan dampak buruk dari tubuh jika kekurangan cairan.

Masalah kesehatan seperti pusing dan juga kelelahan merupakan tanda-tanda jika Anda kekurangan cairan. Namun tahukah Anda bahwa dehidrasi dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan? Dilansir dari boldsky.com berikut fakta-fakta terkait bahwa dehidrasi menyebabkan obesitas.

  • Dehidrasi bisa menyebabkan obesitas karena saat mengalami dehidrasi, Anda akan merasa dahaga dan cepat lapar. Otomatis Anda akan memakan semua dengan lahap untuk menambah energi.
  • Selain itu, dehidrasi juga bisa menyebabkan tubuh memproduksi kolestrol lebih tinggi.
  • Kekurangan cairan pada tubuh, bisa juga membuat sistem metabolisme menurun sehingga mudah lelah.
  • Tidak hanya itu, dehidrasi juga dapat menaikkan tekanan darah pada tubuh.
  • Penyakit yang paling berbahaya dari dehidrasi seperti Anda ketahui ialah penyakit ginjal. Ginjal membutuhkan air untuk membuang semua racun lewat air seni.


Jadi, perbanyak air minum mulai dari sekarang. Biasakan minum air putih setelah bangun tidur dan cukupi kebutuhan cairan Anda saat beraktifitas.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)