Daun Stevia, Daun Manis Non Kalori!

22 September 2019 Artikel Kesehatan


Daun stevia merupakan tanaman asli Paraguay. Mungkin terdengar masih asing di di Indonesia, namun tanaman ini sudah lama digunakan di berbagai negara sebagai bahan pemanis. Tumbuhan dengan nama latin Stevia Rebaudiana ini digunakan sebagai pemanis obat pahit oleh masyarakat asli Red Indian Guarani di Amerika Selatan sejak 1.500 tahun lalu.

Daun stevia bisa menjadi bahan pemanis pengganti gula, bahkan 300 kali lebih manis dari gula. Kandungan kalorinya bisa dibilang nol. Ini membuat daun stevia banyak diburu industri jamu untuk pengganti gula. Gula stevia cocok bagi para penderita diabetes.

Selain itu, stevia memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Aman untuk gigi
Mengganti semua gula yang dikonsumsi dengan pemanis sehat seperti stevia bisa mengurangi risiko kerusakan gigi. Sebab kandungan gula buatan seperti pada minuman bersoda memiliki risiko tinggi pada kerusakan gigi.

2. Menurunkan gula darah
Selain stevia tidak mengandung kalori sama sekali, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 1000 mg stevioside dapat mengurangi gula darah sebesar 18%.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Penelitian menunjukkan, stevia dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan menggunakan antara 750-1500 mg stevioside setiap hari. Jika banyak orang memilih untuk menurunkan resiko mereka dengan menghilangkan soda dan menggunakan stevia sepanjang hari, mereka mungkin memiliki kesempatan untuk menurunkan tekanan darah.

4. Menurunkan Berat Badan
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, cobalah ganti gula Anda dengan gula stevia. Stevia tidak mengandung kalori dan tidak menaikkan gula darah.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)