Daun Peterseli, Solusi Atasi Anemia dan Cegah Kanker

24 Februari 2014 Artikel Kesehatan


Peterseli adalah tanaman hijau dengan daun keriting yang biasanya digunakan sebagai penghias masakan demi menggugah selera. Namun, peterseli ternyata memiliki khasiat lebih besar dari sekedar hiasan saja.

Peterseli adalah salah satu ramuan kuliner paling populer dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia. Peterseli termasuk kategori rempah-rempah seperti halnya jahe, kayu manis, kunyit, dan cabai merah. Tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi iklim ekstrim dan semua jenis iklim. Ini membuatnya bisa di temui di seluruh penjuru dunia. Peterseli banyak digunakan sebagai bumbu memasak karena begitu banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Lalu, apa saja sih manfaat peterseli bagi kesehatan?

Berikut manfaat peterseli bagi kesehatan:
1.Untuk menetralkan bau mulut.

Mengunyah setangkai peterseli setelah makan malam membantu menyegarkan napas Anda, karena konsentrasi tinggi klorofil di dalam peterseli, membantu menetralisir bau nafas karena bawang putih atau sisa makanan yang lain.

2.Vitamin penting bagi tubuh.
Peterseli merupakan sumber vitamin K yang cukup untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat. Vitamin K yang terdapat di peterseli juga membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Tahukah Anda Peterseli juga terkandung vitamin A dan C. Ini sangat baik sebagai anti-oksidan dan mencegah tubuh terhadap radang dan infeksi.

3.Pengobatan anemia.
Peterseli juga membantu untuk mengobati masalah darah atau sakit anemia. Hal ini karena konsentrasi tinggi zat besi yang terdapat di dalamnya. Peterseli juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi kedalam tubuh, sehingga memperlancar pembentukan sel darah merah.

4.Mencegah terjadinya kanker.
Saat ini tubuh manusia semuanya telah terkena zat kimia yang bisa menyebabkan penyakit fatal seperti kanker. Hal Ini bisa terjadi karena adanya serangan radikal bebas secara terus menerus. Penyebab lain kanker adalah mengkonsumsi daging yang di panggang pada suhu yang sangat tinggi yang menghasilkan HCA dan hidrokarbon.

Asupan makanan yang buruk juga membuat tubuh rentan terhadap berbagai jenis kanker. Jadi, Peterseli memilki kandungan minyak atsiri dapat membantu dalam detoksifikasi bahan kimia yang menginduksi Pengambilan sel kanker. Sedangkan saat diet peterseli dapat membantu untuk menetralkan karsinogen dan melindungi tubuh.

5.Sangat baik untuk wanita.
Peterseli mampu meningkatkan sekresi estrogen di dalam tubuh wanita. Hal ini membantu memelihara dan mengembalikan darah di dalam rahim. Oleh karena itu, berguna sekali untuk pengobatan seperti terlambat datang bulan, PMS, dan menopause. Depresi, lekas marah, kulit kering, dan rambut rontok adalah manfaat lainnya yang dapat di perbaiki dengan mengkonsumsi peterseli.

Jadi, sudah waktunya kita membuka mata dan mulai menggunakan si peterseli secara maksimal. Sangat disayangkan jika kita hanya menggunakan peterseli sebagai penghias makanan saja. Namun, wanita yang sedang hamil di larang mengkonsumsi peterseli karena akan mengakibatkan kelahiran yang prematur.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)