Daun Pandan untuk Menjaga Kesehatan? Kenapa Tidak!

12 Desember 2013 Artikel Kesehatan


Bagi ibu rumah tangga, daun pandan biasanya digunakan untuk bahan perasa, pewarna maupun pewangi alami dalam membuat berbagai macam makanan tradisional. Daun pandan dapat membangkitkan keharuman dalam jajanan tradisional tersebut secara alami tanpa ada efek samping.

Lembaran daun pandan sering dimasak bersama air gula jawa untuk es cendol agar aromanya lebih menggugah selera. Selain itu, daun pandan juga sering digunakan untuk bahan pembuatan minyak wangi.

Tapi tahukah Anda jika daun pandan bermanfaat untuk kesehatan? Berikut adalah manfaat dari daun pandan:

  1. Rematik dan pegal linu. Caranya: Cucilah tiga lembar daun pandan segar lalu iris tipis-tipis. Campurkan setengah cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan sebelumnya. Oleskan pada bagian yang sakit setelah dirasa cukup dingin, imbangi dengan pijatan perlahan.
  2. Lemah saraf. Caranya: Cuci dan iris halus 3 lembar daun pandan yang masih segar. Sediakan tiga gelas air untuk merebus pandan dan diamkan hingga tersisa kira-kira 2 gelas. Setelah dingin, minum setiap pagi dan sore satu gelas sebagai ramuan.
  3. Menghitamkan rambut. Caranya: Ambil 7 lembar daun pandan lalu cuci bersih dan potong. Rebus dengan 1 liter air hingga airnya berubah warna menjadi hijau. Simpan hingga keesokan harinya. Selanjutnya campurkan dengan perasan 3 buah mengkudu untuk dioleskan pada rambut Anda. Diamkan sampai 10 menit, dan bilas dengan air bersih.
  4. Ketombe. Caranya: Seperti untuk menghitamkan rambut, resep untuk ketombe tak jauh berbeda. Giling halus 7 lembar daun pandan setelah dicuci bersih. Tambahkan setengah cangkir air bersih sambil diremas. Kemudian peras dan saring air daun pandan tersebut. Aplikasikan pada kulit berketombe dan diamkan selama setengah jam untuk kemudian dibilas.
  5. Obat alami penambah nafsu makan. Untuk membuat obat herbal penambah nafsu makan, sediakan 2 lembar daun tanaman pandan kemudian rebus dengan 2 gelas air putih sampai tersisa 1 gelas, tambahkan madu atau gula sebagai pemanis. Agar manfaat daun pandan diserap secara maksimal, minum ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari.
  6. Menurunkan darah tinggi. Khasiat daun pandan wangi untuk menurunkan darah tinggi bisa anda peroleh dengan membuat ramuan alami 2 lembar daun tumbuhan pandan yang direbus memakai 2 gelas air. Minum setiap pagi dan sore hari supaya darah tinggi anda kembali normal.
  7. Menenangkan rasa gelisah dan obat galau. Manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk membuat ramuan tradisional penenang pikiran. Saat anda merasa gelisah, Siapkan 3 lembar daun ini kemudian cuci sampai bersih. Seduh dengan segelas air panas dan tambahkan 1 sendok teh madu manis, minum ramuan selagi hangat.


Nah, itulah manfaat dari daun pandan untuk kesehatan.

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)