Daun Jambu Biji Bantu Pengobatan DBD

4 Juli 2011 Artikel Kesehatan


Guava atau jambu biji adalah buah dengan kulit berwarna hijau dengan daging berwarna putih atau merah dan rasanya manis asam. Buah jambu biji selama ini dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C.

Ada banyak manfat kesehatan dari mengonsumsi buah ini. Salah satunya, jambu biji ternyata dapat membantu pengobatan demam berdarah dengue, penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang sebenarnya disebabkan oleh virus. Penyakit yang disebabkan oleh virus biasanya sembuh dengan sendirinya setelah masa kritis berlalu.

Namun, pengobatan penyakit yang dapat menyebabkan kematian tentu tidak sembarangan. Diperlukan pengobatan yang tepat untuk pemulihan. Demam berdarah dapat juga disembuhkan dengan bahan-bahan herbal. Karena sistem kekebalan tubuh sedang diserang, sistem antibodi juga harus diperbaiki. Hal ini dapat dilakukan menggunakan bahan alami atau jus. Jus memang baik, sangat baik. Tapi Anda bisa menggunakan bahan alami yang lebih spesifik. Yang terpenting adalah memprediksi terjadinya perdarahan.

Yang dibutuhkan adalah 9 lembar daun jambu biji yang direbus dengan 5 gelas air. Tiriskan dan dinginkan lalu minum 1 cangkir sebanyak 3 kali sehari. Bagaimana daun itu bisa menghentikan pendarahan? Berdasarkan hasil survei, daun jambu biji adalah bahan terbaik untuk meningkatkan jumlah trombosit sehingga perdarahan dapat dihindari. Menurut penelitian,

rebusan air jambu biji bisa menaikkan jumlah trombosit 100.000/mm3 bahkan dalam jangka waktu sekitar 16 jam. Adapun titik kritis penyakit ini adalah 24 jam. Jika Anda melakukan ini, jumlah trombosit harus ditingkatkan. Jumlah trombosit akan turun dirinya sendiri ketika masa kritis telah berlalu.

Sumber: mediaindonesia.com