Dari Redakan Flu Hingga Pengusir Stres, Inilah Khasiat Lada Hitam

18 Januari 2019 Artikel Kesehatan


Apakah Anda pecinta makanan pedas? Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan bumbu rempah pedas seperti lada hitam. Lada hitam merupakan jenis rempah yang berasal dari lada yang belum terlalu tua dan dihaluskan bersama kulitnya.

Jika Anda perhatikan, berbagai menu seafood atau makanan western lainnya banyak yang menggunakan lada hitam sebagai bumbu penyedap makanan. Selain melahirkan sensasi pedas yang khas, ternyata mengkonsumsi lada hitam juga mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa aja sih? Yuk simak beberapa manfaat konsumsi lada hitam bagi kesehatan.

Meredakan Pilek

Rasa hangat dari lada dapat melonggarkan tenggorokan dan hidung tersumbat. Lada juga mengandung antibakteri yang dapat meredakan flu. Jika Anda sedang sakit, taburkan sedikit lada hitam pada sup ayam dan makan selagi hangat.

Bebas dari stres

Zat piperin dalam lada dapat memberikan efek bahagia pada orang yang mengonsumsinya. Konsumsi lada hitam secara tidak langsung dapat mengurangi stres Anda dan mampu meningkatkan fungsi otak.

Membantu Diet

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, masukan lada hitam sebagai menu diet. Lapisan fitonutrien pada lada dapat membantu untuk memecahkan sel lemak. Selain itu proses pemecahan lemak ini menyebabkan kamu berkeringat dan buang air kecil, yang dapat menghilangkan racun dalam tubuh.

Meredakan Kembung

Lada hitam yang bersifat karminatif (agen yang mencegah atau mengurangi perut kembung) dapat membantu meredakan kembung. Tambahkan lada hitam ke beberapa makanan Anda dan rasakan manfaatnya.

Dari sekian banyak manfaat, yang Anda harus perhatikan ialah jangan mengonsumsinya berlebihan. Cukup konsumsi sekadarnya agar mendapat khasiat yang baik untuk tubuh.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)