Dapatkan 7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Pepaya

25 Januari 2014 Artikel Kesehatan


Pepaya adalah buah yang besar, tinggi pohonnya dapat mencapai 5 hingga 7 meter. Uniknya adalah daunnya tersusun secara spiral dibagian atas pohon. Di India, pepaya dikenal luas sebagai bagian dari pengobatan herbal, pepaya memiliki varian berdasarkan budi dayanya, namun biasanya didasarkan menurut warna: pepaya merah, pepaya kuning dan pepaya hijau.

Buah pepaya adalah salah satu buah tropis yang mudah tumbuh dan cepat berbuah. Ke manapun Anda pergi, di daerah di Indonesia, Anda akan menemukan si buah yang punya rasa manis dan harga murah ini.

Sudah berpuluh-puluh bahkan beratus tahun yang lalu, buah pepaya diyakini sebagai buah kaya manfaat untuk tubuh. Bukan hanya memperlancar pencernaan saja, ada manfaat-manfaat lain tentang pepaya, seperti berikut ini:

Mencegah stroke dan penyakit jantung

Kolesterol yang sudah teroksidasi akan membentuk plak di dalam dinding pembuluh darah, inilah sebabnya banyak orang menderita penyakit jantung dan mengalami serangan stroke. Kandungan antioksidan di dalam pepaya akan mencegah kolesterol teroksidasi, sehingga menurunkan kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung dan terserah stroke.

Membersihkan usus

Tidak hanya memperlancar buang air besar, pepaya dapat membantu membersihkan usus Anda dari racun-racun yang tak sengaja diserap tubuh. Adalah kandungan serat dan antioksidannya, yang dapat mengangkat dan membersihkan bagian usus dan membawanya melalui saluran pembuangan.

Inilah sebabnya, Anda akan mengalami buang air besar yang lebih lancar ketika mengonsumsi pepaya.

Untuk membersihkan usus sendiri, pepaya bisa dijadikan salah satu bahan ramuan berikut ini: 150 ml jus pepaya, 50 ml jus timun, dan 50 ml jus kacang hijau yang dikonsumsi secara bergantian selama 12 jam.

Mengatasi problem pencernaan

Kandungan enzim proteolitik yang tinggi di dalam pepaya sangat penting bagi produksi protein di dalam tubuh manusia. Enzim papain, yang dikandung pepaya, membantu penyerapan makanan yang lebih baik, terutama pada mereka yang bermasalah pada pankreas atau organ pencernaan lainnya.

Biasanya, untuk mengatasi problem pencernaan, selain mengonsumsi buah pepaya, saat ini sudah ada kapsul yang mengandung enzim papain dan siap diminum.

Meredakan peradangan

Benar kata orang-orang tua. Pepaya memang ampuh meredakan panas dalam. Penyebabnya ternyata karena kandungan papain dan chymopapain yang bisa meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar.

Manfaat inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai luka di kulit, psoriasis dan berbagai penyakit kulit lainnya.

Sebagai buah afrodisiak

Tidak hanya semangka saja yang dikenal sebagai buah afrodisiak. Kandungan enzim arginine di dalam pepaya, efektif mendongkrak aliran darah di area mr P. Arginine mendorong asam nitrat tubuh untuk merilekskan otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga mr P membesar dan aliran darah di area tersebut lebih lancar.

Konsentrat dari arginine ini juga dipergunakan untuk mengobati disfungsi ereksi.

Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan di dalam pepaya bermanfaat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah di kulit, misalnya seperti flek, keriput, dan sebagainya.

Kandungan vitamin A, C dan E sendiri baik untuk kesehatan kulit. Selain membantu melembabkan, vitamin tersebut juga dapat membantu mengembalikan kulit kusam menjadi cerah dan lebih segar.

Sekian banyak manfaat yang bisa Anda petik dengan mengonsumsi pepaya, jadi, mengapa tidak menghidangkan pepaya di meja makan dan menggantikan semua camilan Anda yang kurang sehat dengan buah yang satu ini.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari Berbagai sumber)