Dapatkan 7 Manfaat Kesehatan dari Susu Kambing

19 Juli 2014 Artikel Kesehatan


Susu kambing adalah makanan paling lengkap yang diketahui. Ia mengandung vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang mudah dimanfaatkan tubuh Anda. Bahkan, tubuh Anda dapat mencerna susu kambing hanya dalam 20 menit. Bandingkan dengan 2-3 jam yang dibutuhkan untuk mencerna susu sapi.

Susu kambing adalah susu yang paling mirip dengan susu ibu dari segi komposisi, nutrisi, dan sifat kimia alami. Hal ini membuat susu kambing menjadi makanan ideal untuk menyapih anak. Susu kambing tentunya punya segudang manfaat dan kebaikan untuk kesehatan tubuh. Seperti yang dilansir oleh globalhealingcenter.com, susu kambing setidaknya punya 7 manfaat dan kebaikan lho.

1. Bergizi Tinggi

Susu kambing sudah sejak lama digunakan dalam dunia pengobatan untuk memelihara dan memulihkan sistem syaraf. Dalam satu cangkir susu kambing, kita sudah mendapatkan 35 persen kebutuhan kalsium harian kita. Susu kambing sangat bergizi karena kaya akan fosfor, vitamin B12, protein, dan kalium. Bahkan Ghandi bisa berpuasa dalam waktu yang cukup lama setelah minum susu kambing.

2. Mudah Diserap Tubuh Manusia

Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing sangat mirip dengan air susu ibu. Susu kambing diketahui memiliki kandungan yang hampir sama persis dengan air susu ibu sehingga sangat mudah untuk diserap oleh tubuh.

3. Memperlancar Metabolisme Tubuh

Penelitian yang dilakukan di USDA dan Prairie View A&M University mengkaitkan susu kambing dengan semakin meningkatkan kemampuan pembentukan dan penguraian zat besi dan tembaga, khususnya bagi orang-orang yang mengalami masalah pencernaan dan gangguan penyerapan sistem pencernaan tubuh.

4. Rendah Lemak

Susu kambing adalah pilihan yang tepat untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Kenapa? Ini karena susu kambing mengandung lebih sedikit lemak tetapi tetap mengandung protein dan asam amino yang penting untuk tubuh.

5. Kaya Akan Kalsium

Ingin menjaga kesehatan tulang dan mencegah kerapuhan tulang? Anda bisa mengonsumsi susu kambing karena susu kambing kaya akan kalsium dengan efek samping yang lebih sedikit dibandingkan efek samping susu sapi.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Susu kambing mengandung mineral dan selenium yang merupakan mineral penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan berfungsi dengan normal.

7. Kaya Akan Asam Lemak

Susu sapi hanya mengandung 17 persen asam lemak sementara susu kambing mengandung kurang lebih 35 persen asam lemak. Dengan kata lain, susu kambing lebih bergizi daripada susu sapi. Selain itu, 50 persen orang yang mengalami intoleransi laktose bisa mencerna susu kambing dengan tetap baik.

Kini susu kambing tidak hanya bisa diminum segar, tapi juga sudah banyak makanan olahan yang berasal dari susu kambing. Diantaranya dodol, yoghurt, es krim, keju, bahkan permen. Satu lagi informasi penting adalah bahwa ternyata susu kambing memiliki lebih sedikit "racun" dibandingkan susu sapi. Hal ini karena sapi biasanya disuntik dengan hormon pertumbuhan agar produksi susunya melimpah. Setelah mengetahui sejumlah kebaikan dan manfaat susu kambing di atas, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)