Dampak Mengucek Mata

20 September 2013 Artikel Kesehatan


Orang secara reflek akan mengucek mata mereka saat terasa gatal, kemasukan debu, perih dan terasa kering. Perlu diketahui bahwa tindakan mengucek mata membawa dampak buruk pada mata. Mata yang perih akan terasa semakin perih dan terjadi iritasi, biasanya mata juga menjadi merah. Itu hanyalah salah satu efek samping biasa yang kita temui saat melakukannya.

Ada sebuah penelitian tentang efek mengucek mata yang diterbitkan di jurnal Optometry and Vision Science. Efek sampingnya lebih serius dari mata menjadi merah.

Saat kelopak mata tersentuh benda asing seperti tangan, hal ini akan membuat mata menerima banyak tekanan. Hal ini sama akibatnya dengan saat mata terkena cahaya silau yang tekanannya bisa 5 sampai 10 kali lebih besar dari pada mata dalam keadaan normal. Dampak tekanan ini juga selain karena mengucek mata juga posisi yoga yakni kepala berada di bawah, berenang terlalu lama, tidur dengan posisi wajah menempel bantal.

Tindakan mengucek mata jika sering dilakukan efek jangka panjangnya adalah gangguan mata serius seperti rabun jauh, glaukoma hingga kebutaan.

Nah, untuk menjaga kesehatan mata saat kemasukan benda asing sebaiknya diberi tetes mata bukan dikucek dengan tangan.

Selain itu pilih posisi tidur terlentang agar mata tidak menerima banyak tekanan saat tidur, karena tidur adalah salah satu metode mengsitirahatkan mata.

Menghindari kontak mata dengan bantal atau masker tidur juga bisa membantu mengurangi tekanan sensitif pada mata. Saat mengucek mata juga bisa melemahkan otot levator palpebra yang berfungsi mengangkat kelopak mata, sehingga jika mengucek mata akan membuat mata terlihat lebih kecil atau seperti mata mengantuk.

Tekanan mata yang normal terjadi saat menutup mata, berkedip dan saat menarik nafas dalam tidak akan memberikan konsekuensi karena tekanan yang diberikan sangat kecil dan tidak dalam waktu yang lama.

Untuk itu sebaiknya menghindari beberapa aktivitas seperti berikut:

  1. Menghindari tidur dengan wajah tertunduk dan kontak dengan bantal, karena dalam bantal tersebut bisa saja terdapat kutu atau debu yang bisa membuat mata iritasi.
  2. Menghindari mengucek mata, karena bisa membuat mata iritasi, kering dan membuat mata perih.
  3. Menunduk bisa meningkatkan tekanan, karena itu sebaiknya jika membaca dalam posisi duduk.
  4. Menyeka air mata adalah kegiatan yang paling baik dengan menghapus dari ujung mata dan meminimalkan kontak dengan kelopak mata.


Jadi, mulai sekarang jika mata terasa gatal atau ada yang mengganjal dimata jangan menguceknya dengan keras tapi seperlunya saja, karena bisa berbahaya untuk kesehatan mata itu sendiri.

(Dikutip dari berbagai sumber)
Tags