Dampak Buruk Mengkonsumsi Makanan Pedas Terlalu Berlebihan

11 Mei 2017 Artikel Kesehatan


Pedas itu nikmat, ya memang itulah kesukaan makanan kita sebagai orang Indonesia. Hampir sebagian orang Indonesia menyukai makanan pedas. Tapi ternyata ada dampak negatif bagi kesehatan tubuh apabila mengkonsumsi makanan pedas terlalu berlebihan. Apa saja dampaknya.

Tidak baik bagi kesehatan lambung

Mengkonsumsi makanan yang pedas terlalu berlebihan akan berdampak kurang baik bagi kesehatan lambung. Hal ini disebabkan karena dengan terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan kerusakan pada dinding lambung. Oleh karena itu jika terus menerus mengkonsumsi makanan pedas maka Anda rentan terkena penyakit maag. Maka, ada baiknya jika mulai dari sekarang Anda mengurangi asupan makanan pedas.

Mengurangi Nafsu Makan

Mengkonsumsi makanan pedas terlalu berlebihan juga menyebabkan Anda kehilangan nafsu makan. Saat kita mengkonsumsi makanan pedas, setiap orang cenderung telalu banyak mengkonsumsi air daripada makanan.

Menyebabkan Insomnia

Mengkonsumsi makanan pedas juga merupakan salah satu faktor penyebab seseorang mengalami insomnia. Bagi Anda yang biasa mengalami insomnia dan sangat menyukai makanan pedas, ada baiknya mengurangi asupan makanan pedas agar tidak mengalami insomnia.

Kurang baik bagi kesehatan kulit

Makanan pedas juga dapat membuat kulit menjadi berminyak. Ada baiknya Anda untuk membatasi atau mengatur pola makan Anda agar kesehatan kita selalu terjaga.

Masalah Pencernaan

Ini masalah yang sudah tidak asing lagi tentunya akibat dari terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas. Akibatnya biasanya akan mengalami diare, mencret, mulas atau bahkan sakit perut.

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, oleh karena itu mari tetap menjaga dan mengatur pola makan agar kesehatan selalu terjaga. Mengkonsumsi makanan pedas tentunya juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh tapi hal terpenting yaitu tetap sesuai dengan porsinya dan tidak berlebihan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)