Dampak Buruk Memakai Headset Terlalu Sering

30 Maret 2014 Artikel Kesehatan


Di zaman modern ini sangat banyak teknologi yang bermunculan. Berbagai gadget yang tingkat kecanggihannya semakin tinggi selalu di kenalkan kepada konsumen. Namun salah satu accessories pendukung untuk gadget yang ada sekarang ini adalah headset atau headphone. Tak sedikit orang dewasa bahkan anak-anak yang memakai headset untuk mendengarkan musik. Bentuknya yang simple membuat semua orang nyaman dalam mendengarkan musik. Tapi tahukah Anda, jika mendengarkan headset dapat mempengaruhi telinga?

Memakai headset atau headphone adalah hobi banyak orang di masa kini. Lihat saja orang-orang di tempat umum, jika sendirian atau sedang menunggu orang lain, mereka sering memakai headset atau headphone.

Hati-hati ya, ada bahaya jika Anda memakai headset dengan cara tidak benar. Berikut ini beberapa dampak yang dapat ditimbulkan jika memeakai headset terlalu sering, diantaranya:

Kerusakan Pendengaran Permanen

Selain rasa tidak nyaman pada telinga, penggunaan headset dengan suara keras dapat merusak pendengaran permanen. Anda bisa kehilangan fungsi pendengaran pelan-pelan dan tuli. Karena itu, kurangi volume headset Anda, jangan terlalu kencang.

Gangguan Pendengaran

Headset yang dipakai dengan suara kencang sering menyebabkan gangguan pendengaran. Jika dipakai dalam waktu yang cukup lama, biasanya ada rasa mendengung atau suara denging di dalam telinga. Hal ini akan hilang dengan sendirinya, namun jika sering dilakukan, bisa terjadi kerusakan pendengaran yang lebih parah.

Kerja Otak Terganggu

Selain gangguan pendengaran, memakai headset dengan suara kencang dapat menyebabkan gangguan kerja otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Komite Emerging and Newly Identified Helat Risk menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari penggunaan headset bisa merusak kerja otak. Walau belum memberi hasil yang pasti, hal ini bisa jadi rambu-rambu agar Anda tidak sering memakai headset.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)