Dampak Buruk Kebanyakan Konsumsi Vitamin D bagi Kesehatan

13 September 2019 Artikel Kesehatan


Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan mudah diserap dalam tubuh. Namun meski begitu, kelebihan akan vitamin D dapat mempunyai beberapa efek buruk pada kesehatan. Vitamin D membantu menjaga kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh.

Ada lima bentuk vitamin D yaitu D1, D2, D3, D4, dan D5. Vitamin D2 diperoleh dari produk tanaman dan vitamin D3 diperoleh dari paparan sinar matahari pagi dan produk makanan tertentu, yang digunakan dalam suplemen gizi tubuh. Sudah pasti tahu bahwa nutrisi dibutuhkan tubuh bukan hanya agar bisa menjalankan fungsi organ dengan baik, namun juga untuk memperkuat sistem imun tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Salah satu nutrisi yang Anda butuhkan adalah vitamin D.

Namun konsumsi vitamin D berlebih tentunya juga tidak akan berdampak baik untuk tubuh. Konsumsi vitamin D hingga mengambil suplemen untuk mencukupinya sebenarnya tidak begitu diperlukan karena terlalu banyak konsumsi vitamin D justru akan berdampak buruk untuk kesehatan ginjal Anda.

Fungsi vitamin D dalam tubuh adalah untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh, dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Vitamin D membantu mencegah tulang dari risiko osteoporosis dan membantu menjaga kepadatan tulang yang sehat. Bahkan vitamin D bisa mencegah stres dan depresi pada wanita dewasa muda. Namun untuk setingkat mengonsumsi suplemen vitamin D tidak lah diperlukan, kecuali jika Anda memiliki riwayat osteoporosis, konsumsi suplemen vitamin D mungkin dibutuhkan.

Salah satu risiko terlalu banyak asupan vitamin D pada orang sehat, atau melebihi kadar vitamin D 100 nanogram per mililiter (ng / mL) dapat memicu penyerapan kalsium ekstra dan menyebabkan batu ginjal.

Lagipula, Indonesia selalu kaya dengan sinar matahari, jadi Anda tidak perlu bingung mencari cara mendapatkan vitamin D. Bahkan Anda bisa mendapatkannya secara gratis setiap hari. Cukup bangun pagi dan olahraga selama 30 menit di bawah sinar matahari yang hangat, Anda sudah bisa mendapat cukup asupan vitamin D.

Yuk jalani hidup sehat dari sekarang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)