Dampak Bila Mengonsumsi Minuman Keras

19 Maret 2014 Artikel Kesehatan


Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif dan konsumsinya menyebabkan penurunan kesadaran. Minuman keras atau minuman beralkohol telah lama diakui memiliki efek yang buruk bagi kesehatan manusia. Sebenarnya masyarakat kita sudah banyak yang tahu tentang bahaya dari akibat minuman keras atau minuman beralkohol ini.

Salah satunya adalah menimbulkan kecanduan yang luar biasa, karena minuman keras atau minuman beralkohol ini mengandung zat aditif, yaitu zat yang jika masuk ke tubuh manusia walaupun dengan jumlah sedikit akan menimbulkan efek kecanduan yang luar biasa. Walau di beberapa negara Barat ada tradisi untuk menghangatkan tubuh di musim dingin dengan minuman beralkohol, namun tetap saja tak mengurangi efek buruk tersebut.

Berikut keburukan minuman keras yang patut Anda ketahui:
1.Bau mulut.

Aroma tubuh dan mulut pengonsumsi minuman beralkohol biasanya tak sedap dicium. Ini mengganggu dalam pergaulan dengan keluarga atau secara sosial.

2.Mata.
Regulasi zat cair dalam tubuh penenggak minuman keras biasanya akan terganggu. Hasilnya, di beberapa tempat terjadi penumpukan zat cair, misalnya di daerah kantung mata.

3.Merusak organ hati.
Mengonsumsi minuman keras dalam waktu yang lama dapat membuat organ hati rusak. Memang prosesnya perlahan, namun sebaiknya Anda tak meremehkannya.

4.Janin.
Ibu hamil yang mengonsumsi minuman keras bisa mempengaruhi pertumbuhan janin dalam rahimnya. Bahkan, resiko janin cacat atau gugur pun besar.

5.Kecelakaan.
Mabuk adalah penyebab kecelakaan yang angkanya cukup tinggi di seluruh dunia. Angka kematian yang tercatat pun tidak sedikit. Jadi, hindari mengendarai kendaraan bila usai menenggak minuman keras.

6.Mental.
Secara mental, mengonsumsi minuman beralkohol dapat berakibat seseorang kehilangan kemampuan untuk fokus atau berkonsentrasi.

7.Disisihkan secara sosial.
Secara sosial, seorang pemabuk akan tersisih. Baik di lingkungan masyarakat, biasanya pemabuk akan di cap negatif, juga di keluarganya.

Banyak cara yang dianjurkan untuk menangkal ancaman miras, seperti bimbingan agama dan pemilihan teman bergaul. Kedua cara tersebut dirasa paling bagus, tetapi semua kembali kepada diri seseorang. Banyak yang sudah berhenti, tetapi kembali lagi karena ajakan temannya, sehingga kedua cara tersebut membutuhkan lingkungan yang pas. Karena tidak semua orang akan berada pada lingkungan yang sama. Jadi, lebih baik Anda tak menyentuh minuman tersebut.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)