Cuci Tangan, Langkah Sederhana Tetap Sehat

6 Maret 2012 Artikel Kesehatan


Ketika seseorang memiliki daya tahan tubuh yang baik, maka tidak akan ada penyakit yang menjangkitnya, terutama penyakit khas di musim hujan. Permasalahannya adalah bagaimana menjaga daya tahan tubuh? Sebenarnya, menjaga daya tahan tubuh bisa dilakukan tidak hanya dengan berolahraga. Masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Cuci tangan merupakan langkah paling sederhana dalam menjaga daya tahan tubuh. Banyak sekali kuman yang bersarang di tangan Anda, mulai dari Hepatitis A, Stapholococcus, Pseudomonas, Haemophilus, Streptococcus Pnemoniae, Shigella, dan Streptococci. Dengan mencuci tangan, penyakit tidak akan menyerang.

Cuci tangan yang dimaksud adalah cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Cucilah tangan sebelum makan dan memasak, serta setelah memegang hewan, setelah pergi dari luar rumah, dan setelah bekerja. Cuci tangan sangatlah penting karena virus dan bakteri mampu menular cepat apabila ada kontak langsung.

Ada tujuh langkah tepat mencuci tangan, yakni basuh telapak tangan dengan sabun, kemudian gosok dengan arah ke depan dan belakang. Kemudian basuh punggung tangan dengan memasukkan jari-jari tangan ke sela-sela jari tangan lainnya.

Langkah ketiga adalah masukkan jari kanan ke sela-sela jari kiri dengan posisi tangan terbuka. Putar kelima ujung jari kanan ke telapak tangan kiri, lakukan juga sebaliknya. Kepalkan tangan kanan lalu gosokkan maju mundur ke telapak tangan kiri, lakukan juga sebaliknya. Genggam ibu jari kanan dengan tangan kiri lalu putar, kemudian lakukan juga pada ibu jari kiri. Dan yang terakhir adalah gosok pergelangan tangan kanan dan kiri.

Sumber: jpnn.com