Coba Olahraga Tai Chi dan Dapatkan Manfaatnya!

3 April 2015 Artikel Kesehatan


T’ai chi atau t’ai chi ch’uan, adalah seni bela diri dan teknik menggerakkan badan yang berkembang di Cina. Teknik dalam tai chi menggabungkan pernapasan diafragma dan menghembuskan dengan gerakan seperti menari. Jenis olahraga ini sangat populer dan ampuh baik untuk olahraga maupun pertahanan.

Sebuah studi mengungkapkan olahraga tai chi dapat meningkatkan konsentrasi dan multifungsi dalam tes kognitif. "Orang yang berlatih tai chi selama beberapa tahun menunjukkan bahwa daya konektivitas otaknya lebih besar daripada yang belum pernah melakukan tai chi. Misalnya dalam mengambil keputusan, orang yang berlatih tai chi cenderung lebih tenang daripada yang tidak berlatih," jelas Dr Chenchen Wang, Direktur Center for Complementary and Intregative Medicine di Tuft Medical Center, Boston.

Selain itu, tai chi juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan:

Memperkuat Tubuh Bagian Atas
Anda memang tidak menggunakan beban saat melakukan Tai-Chi tetapi Tai-Chi dapat memperkuat tubuh bagian atas. Hal ini terjadi karena saat melakukan Tai-Chi Anda perlu melatih gerakan tangan tanpa alat pendukung.

Melegakan Stress
Saat melakukan Tai-Chi Anda memfokuskan pada pikiran Anda dan dengan melakukannya Anda bisa sekaligus melepaskan stress di pikiran Anda dan menjadi lebih santai. Tai-Chi adalah jenis olahraga yang dapat melatih baik pikiran dan tubuh Anda.

Memperkuat Tulang
Tai-Chi dipercaya dapat mempertahankan kepadatan tulang pada wanita yang memasuki masa menopause dan banyak studi dilakukan untuk membuktikannya.

Membantu Orang dengan Radang Sendi
Studi menunjukkan bahwa dengan berlatih Tai-Chi dapat meningkatkan fleksibilitas dari otot dan sendi sehingga dapat mengurangi nyeri yang berhubungan dengan radang sendi dan membuat pergerakan tubuh lebih mudah dan cepat

Begitu banyaknya manfaat taichi bagi kesehatan, membuat banyak rumah sakit besar membuka kelas untuk mempercepat penyembuhan pasien. Ingin mencobanya?

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)