Coba Berkebun dan Dapatkan Manfaat Sehatnya!

25 Juli 2015 Artikel Kesehatan


Bila Anda stress atau migrain, solusi pertama yang Anda lakukan pastinya minum obat atau tidur. Tapi tahukah Anda, ternyata berkebun merupakan solusi alternatif untuk menyembuhkan kedua masalah tersebut.

Cobalah meluangkan waktu untuk berkebun atau menanam bunga, tak perlu memiliki halaman yang luas, anda bisa lakukan berkebun atau menanam bunga di pot. Banyak manfaat yang akan Anda peroleh dari berkebun. Berikut diantaranya:

Kuatkan tulang

Peneliti dari University of Arkansas menemukan, kerja berat di kebun (mendorong mesin pemotong rumput, mencabut gulma) mempunyai manfaat yang sama dengan angkat beban dalam meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini merupakan kunci utama mencegah osteoporosis.

Menghindari hipertensi dan diabetes

Dengan berkebun, maka bisa menurunkan tekanan darah seseorang sehingga terhindar dari hipertensi. Kegiatan berkebun juga mampu membantu penderita diabetes. Karena banyaknya kalori yang terbakar, akan berpengaruh langsung terhadap kadar gula dalam tubuh.

Segarkan pikiran

Melatih pikiran dan tubuh telah terbukti bisa mengurangi risiko kepikunan. Neuropsychologist Paul Nussbaum mengatakan berkebun merupakan latihan mental yang memerlukan perencanaan dan tinjauan ke masa depan serta mendorong pembelajaran.

Memperpanjang umur

Karena kesehatan yang stabil serta pikiran yang semakin tenang, maka hal ini bisa memperpanjang usia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang senang berkebun rata-rata memiliki jangka waktu hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tidak menyukai berkebun.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)