Cincin Iris Mata Tanda Kolesterol

29 September 2009 Artikel Kesehatan


Cincin putih di mata dan gumpalan kecil di daun telinga. Kolesterol merupakan 'pembunuh diam-diam' karena bisa memicu berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung tetapi seringkali diabaikan karena hampir tanpa gejala. Anda mungkin termasuk salah satu diantara sekian banyak orang yang malas memeriksakan kadar kolesterol ke dokter.

Adakah cara lain? Menurut seorang dokter dari London Dr Cornel Fleming, ada cara mudah untuk melihat apakah kadar kolesterol Anda tinggi, cukup dengan melihat cermin."Cincin berwarna putih di sekitar iris mata merupakan pertanda umum," terang Fleming. Cincin ini tidak terlalu besar tetapi cukup jelas untuk dilihat. Menurut Fleming, cincin ini disebabkan oleh material lemak yang berada di mata.

Adakah gejala lain? Menurut Fleming, daun telinga Anda juga bisa menjadi cermin kolesterol di dalam tubuh. Perhatikan gumpalan keputih-putihan seukuran beberapa milimeter di daun telinga. Jika menemukan tanda ini, imbuh Fleming, lebih baik berkonsultasi dengan dokter dibandingkan menggunakan alat ukur kolesterol sendiri. Hasil tes dari dokter tentunya akan lebih akurat.

Keringat berlebih. Menurut Obiekezie Agu, seorang konsultan vascular surgeon di The London Clinic, keringat berlebih bisa menjadi pertanda tiroid yang overaktif. Gangguan ini akan mempercepat proes metabolisme sehingga tubuh menghasilkan lebih banyak panas yang tentunya harus dikeluarkan, melalui keringat.

Menurut Agu, 1 dari 10 laki-laki yang mengalami keringat berlebih menderita ganguan tiorid. Apakah bisa ditangani? Begitu terdiagnosis, terang Agu, gangguan ini bisa ditangani oleh pakar endokrin (endocrinologist)."Pakar endokrin perlu memeriksa apakah ada pertumbuhan tiroid atau hanya kelebihan fungsi kelenjar tiroid," tutur Agu, seperti dikutip situs dailymail.

Pastikan memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan dini. Karena jika dibiarkan tanpa penanganan, terang Agu, bisa memicu hipertensi bahkan gagal jantung.

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat