Cerdik Tangkis Cacing Keremi

19 Agustus 2009 Artikel Kesehatan


Cacing keremi adalah sejenis cacing berwarna putih yang sangat kecil. Cacing itu biasanya dapat berpindah dari satu anak ke anak lain, kemudian memasuki perut dan menimbulkan rasa gatal di bagian dubur.

Untuk mengidentifikasi cacing keremi dan telurnya dapat dilihat melalui anus atau saat anak mengejan saat ingin buang air besar. The American Academy of Family Physicians memberikan beberapa saran untuk mencegah terjadinya infeksi cacing keremi pada anak-anak:
Biasakan anak untuk mencuci tangan sebelum makan dan setelah selesai dari kamar mandi.Gunting kuku anak secara teratur.Jangan biarkan anak Anda menggigit kuku.Pastikan anak Anda mengenakan pakaian dalam yang bersih setiap hari.Mandi pagi akan lebih baik dilakukan dibanding malam hari. Hal itu juga akan mencegah cacing bertelur pada malam hari.Cacing pita bereaksi negatif terhadap sinar matahari. Bukalah jendela dan tirai kamar anak setiap hari.Setelah anak Anda memperoleh perawatan dokter untuk cacing keremi, pastikan anak menggunakan pakaian dalam, pakaian tidur seprai yang bersih. (healthday/rin)

Sumber: Republika Online