Cemilan Sehat untuk Si Kecil

30 Juli 2014 Artikel Kesehatan


Anak-anak sangat menyukai makanan yang manis sebagai camilan mereka. Namun Anda juga harus membatasi asupan makanan manis untuk buah hati Anda agar mereka terhindar dari resiko diabetes dan obesitas. Padahal disarankan agar anak mendapat dua kali makanan selingan setiap hari antara sarapan dengan makan siang, serta antara makan siang dengan makan malam. Mereka membutuhkan porsi makanan yang sedikit tapi sering.

Oleh sebab itu Anda harus bijak menyediakan pilihan makanan yang sehat dan bergizi karena tidak semua camilan yang dijual di pasaran sehat. Banyak yang nilai gizinya tidak ada, bahkan ada yang mengandung zat kimia yang tidak baik untuk kesehatan anak. Berikut cemilan sehat untuk si kecil:

Buah-buahan
Buah-buahan yang dipotong dengan bentuk yang menarik dapat menarik perhatian buah hati. Anda juga dapat menambahkan es krim vanila di atasnya. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya sangat baik bagi kesehatan buah hati.

Sereal
Sereal merupakan jenis camilan yang sangat sehat dan penting bagi kesehatan pencernaan buah hati Anda karena kaya akan serat.

Kentang goreng
Lebih sehat jika Bunda membuat kentang goreng sendiri tanpa MSG dirumah. Kentang banyak mengandung karbohidrat, vitamin A, B6 dan vitamin C. Selain itu, kentang merupakan salah satu sumber folate yang diperlukan si kecil.

Berry muffin
Buah berry yang dicampur ke dalam muffin merupakan makanan sehat dan juga lezat. Buah berry dikenal kaya akan anti oksidan guna memerangi radikal bebas.

Smoothies
Smoothies yang terbuat dari campuran buah-buahan, yoghurt, dan susu tentunya merupakan camilan yang sehat bagi buah hati.

Pizza
Pizza ternyata dapat menjadi camilan yang menyehatkan bagi buah hati asal Anda membuat kulitnya dengan tipis serta menambahkan sayuran sebagai pelengkapnya seperti jamur, tomat, dan paprika.

Keju
Keju yang dibuat dari susu tentu kaya akan manfaat bagi tubuh seperti kalsium.

Popcorn
Asalkan saat membuat popcorn Anda tidak membanjirinya dengan mentega dan garam secara berlebihan makan popcorn bisa menjadi camilan yang sangat sehat karena penuh dengan serat.

Kacang
Meskipun tinggi kandungan lemak, selai kacang juga merupakan sumber protein yang baik. Namun tentu saja Anda harus membatasi jumlahnya dalam asupan makanan Anda.

Daging gulung
Daging merupakan sumber protein yang baik bagi pertumbuhan buah hati Anda. Anda dapat mencampurkannya dalam makanan yang Anda buat dengan jumlah yang dibatasi.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)