Cegah Virus di Kebun Binatang

24 Agustus 2009 Artikel Kesehatan


Mengajak anak-anak untuk berkunjung ke kebun binatang, sekaligus mencoba menyentuh hewan-hewan jinak yang berada disana bisa jadi sangat menarik.

Yang perlu diperhatikan, waspada terhadap virus yang dapat menular pada si kecil. Mengingat daya tahan tubuh atau imunitas anak belum stabil. Terutama pada musim pergantian cuaca yang seringkali membuat imunitas tubuh menurun.

Menurut US Centers for Disease Control and Prevention ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penularan virus selama di kebun binatang antara lain:
Gunakan tempat cuci tangan yang tersedia di sekitar kawasan kebun binatang.Usahakan untuk segera mencuci tangan setelah Anda menyentuh hewan, gerbang atau pagar yang ada di kebun binatang. Cuci ulang sebelum Anda makan.Sedapat mungkin gunakan sabun dan air mengalir. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan cairan gel pencuci tangan. Jangan pernah makan didekat kandang di kebun binatang, terutamayang memungkinkan pengunjung untuk menyentuh hewan yang ada didalamnya.Jaga anak-anak dengan seksama, terutama anak usia bawah lima tahun. Pastikan setelah mereka mencoba menyentuh hewan yang ada, tidak langsung memasukkan apapun ke dalam mulut termasuk jari atau mainan yang mereka pegang. (healthday/rin)Sumber: Republika Online (republika.co.id)