Cegah Stress Saat Liburan dengan Makanan Ini

10 Mei 2014 Artikel Kesehatan


Liburan memang harus membutuhkan persiapan yang matang agar liburan menjadi suatu hal yang menyenangkan. Liburan merupakan waktunya bersenang-senang dan melupakan pekerjaan kantor, macet, dan hal-hal menyebalkan lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Liburan memang ampuh sebagai media untuk menangkan pikiran, melepas penat dan mengusir jauh-jauh si menyebalkan bernama stress. Tetapi kadang acara liburan justru membuat kadar stress seseorang meningkat.

Bila hal itu sampai terjadi, liburan yang menyenangkan masih bisa diselamatkan. Cara yang paling mudah adalah dengan makanan. Lupakan mengonsumsi banyak makanan manis saat liburan (walaupun beberapa makanan tersebut ampuh), Anda tidak ingin melihat angkat timbangan yang naik bukan? Pilih makanan-makanan lain yang tak kalah lezat, misalnya:

1. Teh Hangat

Jangan sampai pagi hari rusak karena stress. Redakan dengan secangkir teh hangat yang bisa membuat Anda lebih tenang. Coba nikmati teh rasa vanila atau peppermint. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aroma tersebut dapat membantu Anda mengatasi kecemasan dan meningkatkan konsentrasi. Tanpa tambahan banyak gula, teh adalah minuman rendah kalori loh..

2. Karbohidrat Kompleks

Kita sering tergoda menikmati hidangan yang mengandung karbohidrat saat stress menghantui. Yup, menikmati hidangan yang mengandung karbohidrat dapat memicu terbentuknya hormon serotonin, hormon yang membuat Anda rileks dan tenang. Pilih karbohidrat kompleks dan hindari gula. Misalnya, oatmeal, sandwich roti gandum, whole weat pasta dan kacang-kacangan.

3. Buah yang Mengandung Vitamin C

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat membantu seseorang menurunkan kadar hormon penyebab stress yang dihasilkan otak. Tak hanya dari jeruk loh, Anda bisa mencoba sepotong pizza gandum yang diberi toppingbeberapa irisan paprika merah atau kuning. Anda juga bisa menikmati seporsi smoothies strawberry atau potongan pepaya.

Makanan dan minuman di atas sangat mudah Anda jumpai di berbagai tempat liburan. Dan jangan lupa untuk menikmati masa-masa liburan Anda. Semakin Anda menikmatinya, semakin mudah melepaskan stress dari agenda liburan.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)