Cegah Penyakit Stroke dengan Mengkonsumsi Buah-Buahan Ini

7 Februari 2019 Artikel Kesehatan


Penyakit stroke terus mengalami peningkatan belakangan ini, baik di dunia maupun juga di Indonesia. Penyakit pembuluh darah yang bisa disebabkan oleh penyumbatan aliran darah (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemorrhagik) sehingga aliran darah tidak mencapai otak ini, sangat berbahaya. Bahkan, tidak sedikit orang-orang yang terkena penyakit stroke secara mendadak akhirnya berujung pada kematian.

Secara umum, stroke terjadi karena adanya penebalan dinding dalam pembuluh arteri yang disebabkan oleh menumpuknya kolesterol yang mengandung lemak (plak), sehingga mempersempit aliran darah ke otak. Oleh karena itu, saat ini bukan hanya orang-orang yang sudah lanjut usia saja yang bisa terkena stroke, tetapi anak muda pun bisa tiba-tiba mengalaminya. Makanya itu pula, kita harus mulai mencegah stroke dari sekarang. Agar kita terhindar dari penyakit stroke ada beberapa buah-buahan yang bisa menurunkan resiko stroke. Apa saja buah-buahan tersebut?

Apel
"Sebutir apel sehari, Anda tidak akan pernah ke dokter" begitu kira-kira kata pepatah barat. Ya, banyak pakar gizi menyetujui hal itu. Sebutir apel sehari dapat menurunkan resiko penyait stroke hingga 50 persen. Buah ini kaya akan kandungan quercetin yang terbukti mampu mengatasi inflamasi. Tentu hal ini relevan mengingat pengerasan pembuluh darah seringkali terjadi akibat inflamasi.

Citrus
Memakan buah jeruk, atau sejenisnya, selalu mencitrakan kehidupan yang sehat. Tetapi, rupanya tidak hanya itu. Hasil penelitian yang dilansir dalam jurnal Stroke menyimpulkan bahwa buah citrus dan sejenisnya, menurunkan hingga 19 persen resiko stroke iskemik, yang diakibatkan oleh tersumbatnya pembuluh darah ke otak.

Pisang
Kandungan kalium pada buah pisang bisa bisa membantu mencegah penyakit stroke. seperti hasil riset yang dilakukan Health Professionals Follow-Up Study, mendapati bahwa para partisipan penelitian yang mengonsumsi buah yang mengandung banyak kalium sebanyak 9 porsi per hari ternyata 38% lebih rendah mengalami resiko peyakit stroke dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi 4 porsi sehari.

Tomat
Banyak orang mengonsumsi tomat hanya untuk membuat makanan lebih nikmat. Tetapi ternyata kandungannya punya banyak khasiat. Hasil riset menunjukkan bahwa kandungan lycopene, zat berwarna merah dalam tomat, dapat menurunkan resiko stroke pada pria dewasa.

Buah noni
Buah Noni terkenal karena kemampuannya menjaga tekanan darah tetap stabil. Karena itu buah noni sering dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi, dan dengan demikian mencegah terjadinya penyakit stroke. Buah Noni memiliki kandungan xeronin, juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral lainnya, yang bisa memperbaiki fungsi tubuh sehingga bisa digunakan untuk terapi stroke.

Tapi, selain mengonsumsi jenis buah-buahan ini, Anda juga perlu menjaga kesehatan tubuh dengan cara menjaga pola makan yang sehat, serta berolahraga secara rutin dan teratur. Dengan cara ini, maka tidak hanya bisa mencegah stroke, tetapi juga dapat mengatasi berbagai penyakit lainnya. Selain itu, tubuh Anda juga akan terasa lebih bugar dan selalu semangat melakukan berbagai aktifitas.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)