Cegah Penyakit Maag dengan Cara Sederhana Ini

3 Oktober 2014 Artikel Kesehatan


Penyakit maag atau radang lambung atau tukak lambung merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Tentunya kita harus mencegah dari pada mengobatinya.

Tidak ada seorang pun yang ingin terkena penyakit apapun terutama penyakit maag. Tentunya Anda bisa merasakan ketika telat makan saja sudah membuat lambung Anda terasa sakit. Belum lagi jika Anda memiliki kesibukan yang membuat waktu makan Anda menjadi tidak teratur.

Bagaimana dengan mengonsumsi makanan asam atau kopi bagi penderita maag?

Mengonsumsi kopi, teh, makanan yang asam diperbolehkan. Akan tetapi, isilah lambung Anda terlebih dahulu dengan makanan supaya lambung tidak iritasi. Tak hanya itu. Anda sebaiknya mengurangi atau menghindari makanan pedas karena dapat membuat perih pada lambung.

Lantas, bagaimana cara mencegah agar tidak terkena maag ?

Agar maag tidak menyerang kesehatan Anda, dr. Rahajeng Arianggarini dari MeetDoctor.com menjelaskan bahwa Anda harus membiasakan makan dengan teratur. Usahakan makan 3 kali sehari di jam yang sama, dengan jumlah tidak berlebihan. Terlebih lagi untuk sarapan. Pastikan Anda sarapan terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas kerja.

Semua penyakit pasti ada obat untuk mengobatinya, tapi mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)