Cegah Penyakit Jantung dengan Konsumsi Kerang Hijau

28 Januari 2015 Artikel Kesehatan


Jika Anda pecinta seafood pasti sudah tidak asing lagi dengan sajian makanan kerang hijau. Salah satu makanan laut ini sungguh kaya akan nutrisi dan juga populer di pasar kuliner lokal. Entah itu di restoran seafood, warung tenda pinggir jalan, hingga pedagang gerobak keliling, menyajikan kerang hijau.

Dibalik kelezatannya,kerang hijau menyimpan banyak sekali manfaat. Terutama kesehatan jantung. Dilansir dari stylecraze.com, kerang merupakan makanan rendah lemak dan kaya asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, asam lemak omega-3, khususnya yang ada di dalam ikan dan kerang, memiliki manfaat kardio-protektif atau menjaga jantung. Asam lemak ini akan bekerja menurunkan risiko terjadinya detak jantung abnormal, tingginya tingkat gliserida (kolesterol jahat) dalam darah dan mengurangi risiko serangan jantung bahkan kematian mendadak karena penyakit jantung.

Mengonsumsi kerang minimal 1-3 kali per bulan dapat mencegah terjadinya serangan stroke iskemik. Seperti penelitian di Jepang yang dimuat dalam jurnal Circulation pada januari tahun 2006 yang lalu, yang turut melibatkan 41.578 pria dan wanita usia 40-59, apabila Anda mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 setiap hari, misalnya kerang, risiko terjadinya penyakit jantung koroner akan menurun secara signifikan.

Hal yang harus diperhatikan ialah tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Cukup satu porsi kerang hijau saja, Anda sudah mendapat banyak manfaat dan nutrisi yang terkandung dalam kerang hijau tersebut.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kerang dianjurkan untuk mengkonsumsi kerang yang dimasak dengan cara direbus atau dipanggang daripada kerang yang dimasak dengan cara digoreng.

Jadi, menjaga kesehatan jantung tidak sulit bukan? Selain lezat, Anda juga dapat menghindari resiko terkena penyakit jantung dengan mengkonsumsinya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)