Cegah Penuaan Dini dengan Makanan yang Berkhasiat Ini

21 Maret 2018 Artikel Kesehatan


Secara alamiah, penambahan usia akan berpengaruh pada proses penuaan. Proses ini sendiri merupakan penyebab utama dari mulai berkurangnya kekencangan kulit seseorang. Namun seiring berjalannya waktu ternyata proses penuaan juga dapat terjadi pada wanita yang masih berada pada usia produktif.

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah tanda penuaan dini, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi bahan makanan sehat dan bergizi. Beberapa jenis bahan makanan diketahui banyak mengandung nutrisi yang berkhasiat mencegah penuaan dini.

Berikut beberapa makanan yang dapat mencegah penuaan dini.
1. Beras Merah
Beras selain memiliki manfaat untuk diet, ternyata beras merah juga punya manfaat menjaga kekencangan kulit. Hal ini dikarenakan beras merah kaya akan mineral dan vitamin yang dapat menjaga kesehatan kulit dan membantu menangkal radikal bebas yang dapat memicu munculnya penyakit seperti jantung koroner dan kanker.

2. Brokoli
Kaya akan kandungan mineral dan dan vitamin membuat brokoli memang menjadi bagian penting dalam memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan mineral dan vitamin ini berfungsi untuk melindungi kulit dari zat-zat beracun yang yang dapat merusak jaringan dalam kulit.

3. Alpukat
Kandungan vitamin E pada buah alpukat mampu menghindarkan Anda pada proses penuaan. Karena kandungan vitamin ini berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan juga bisa membuat rambut semakin berkilau.

4. Berry
Buah jenis berry berwarna gelap seperti anggur hitam, blackberry, blueberry, dan blackcurrant, kaya akan flavonoid yang merupakan antioksidan yang berkhasiat melindungi sel-sel tubuh.

5. Bayam
Beruntung bagi Kalian yang menyukai sayur yang satu ini. Daun bayam yang berwarna hijau ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Zat besi dan vitamin C bermanfaat untuk proses pembentukan kolagen sehingga membantu menjaga kesehatan kulit.

6. Ubi Jalar
Ubi jalar kaya akan likopen yang merupakan antioksidan. Ubi jalar juga mengandung vitamin C yang membantu produksi kolagen untuk mempertahankan kesehatan kulit.

7. Ikan salmon
Jenis ikan yang satu ini dikenal memang kaya akan omega 3. Omega 3 sendiri adalah zat yang baik untuk kesehatan jantung dan kulit. Hal ini dikarenakan Omega 3 dapat membantu mengurangi sensitivitas pada kulit yang dapat menyebabkan proses penuaan dini.

8. Yogurt
Yogurt mengandung bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan imunitas tubuh. Yogurt banyak mengandung protein, kalsium, potassium, dan vitamin B yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Mengelola menu makanan yang baik dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan termasuk mencegah penuaan dini. Beberapa jenis bahan makanan tertentu diketahui sangat berkhasiat dalam melawan penuaan karena banyak mengandung nutrisi yang memiliki khasiat anti penuaan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)