Cegah Masalah Depresi dengan Olahraga

18 September 2019 Artikel Kesehatan


Pada saat ini, banyak orang yang mengalami gangguan depresi atau kecemasan yang sangat mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan. Orang yang mengalami depresi atau kecemasan terlalu berat akan banyak menghabiskan waktu untuk menyendiri dan takut untuk keluar untuk menghadapi hal yang baru, akibatnya kegagalan yang akan mereka terima. Jika Anda menderita depresi, kecemasan atau hanya murni frustrasi pada apa yang terjadi dalam hidup Anda, ada cara yang sangat menyenangkan untuk mengatasi hal ini. Studi medis telah menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur memiliki efek positif pada kondisi fisik dan suasana hati Anda secara menyeluruh, sehingga gangguan depresi, stres, cemas bisa diatasi dengan berolahraga.

Berikut beberapa alasan bagaimana olahraga bisa menstabilkan kesehatan mental dan pikiran Anda:
1. Membantu mengeluarkan emosi
Saat punya perasaan marah, Anda pasti ingin meluapkannya, kan? Meluapkan emosi yang positif adalah dengan melakukan olahraga. Aktivitas fisik akan meringankan emosi yang tidak stabil. Daripada menghancurkan barang-barang di rumah, lebih baik bakar kalori emosi Anda dengan berlari atau mungkin boxing.

2. Mengatur temperatur tubuh
Olahraga membuat suhu tubuh Anda naik dan justru hal inilah yang akan meringankan tubuh dan melancarkan sistem organ di dalam tubuh. Olahraga akan melatih otot jantung dan bagian tubuh lain sehingga Anda lebih rileks.

3. Merangsang senyawa kimia yang baik
Saat Anda melakukan aktivitas fisik yang intens, tubuh akan lebih banyak memproduksi endorfin, yaitu senyawa kimia yang menurunkan gejala depresi dan menurunkan kadar stres.

4. Memperkuat sistem imun
Olahraga rutin akan menurunkan potensi terserang penyakit dan menguatkan sistem imun secara alami. Jika sistem imun tinggi, Anda juga memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami stres.

Biasanya, orang dengan stres tingkat tinggi dan mengalami gejala depresi tidak tertarik dengan kegiatan fisik seperti olahraga. Namun sekali mau melakukan aktivitas fisik yang intens, kadar stres secara alami akan menurun. Jadi, ingin jauh dari stres dan menjauhi depresi? olahraga sekarang.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)