Cegah Kerutan Muncul Lebih Cepat

7 Oktober 2009 Artikel Kesehatan


Minyak kelapa. Cobalah memijat muka dengan minyak kelapa sebelum tidur. Cara ini diklaim efektif untuk mencegah munculnya kerutan.

Krim campuran. Buatlah campuran madu, minyak zaitun dan krim kemudian oleskan ke wajah. Metode ini juga dinyatakan efektif menyamarkan dan menghilangkan kerutan.

Lemon. Oleskan sari dari jeruk lemon ke kulit wajah beberapa kali sehari. Cara ini bisa membantu menghilangkan kerutan dan bintik hitam di wajah.

Nenas. Cobalah menghaluskan daging nenas kemudian oleskan ke wajah. Biarkan selama 5-10 menit. Cara ini bisa membantu mengatasi kerutan yang menggangu penampilan.

Daun rosemary. Didihkan 1/2 cangkir daun rosemary di dalam 2 gelas air selama 30 menit. Kemudian tambahkan 1/2 cangkir brendi dan biarkan selama 10-15 menit lagi. Setelah itu, biarkan hingga campuran dingin dan oleskan ke seluruh wajah 2 kali sehari.

Tepung kunyit. Buatlah pasta dengan mencampurkan tepung kunyit dan air perasan tebu kemudian oleskan ke wajah. Cara ini bisa membantu Anda mencegah munculnya kerutan.

Jahe dan madu. Pastikan mengonsumsi satu sendok makan jahe parut dengan madu setiap harinya. Cara ini efektif membuat kulit sehat dan berkilau.

Sendok dingin. Diamkan sendok makan dari bahan metal di dalam lemari pendingin semalam penuh. Kemudian, letakkan dan biarkan bagian belakang sendok di mata untuk beberapa saat. Cara ini dinyatakan efektif menghilangkan kerutan dan lingkaran hitam di bawah mata.

Biji adas. Buatlah campuran dari 2 sendok makan vodka, satu sendok makan biji adas serta 2 sendok makan madu. Biarkan selama 3 hari. Kemudian oleskan campuran tersebut ke wajah. Campuran ini dinyatakan efektif mengencangkan muka.

Jus campuran. Cobalah mengoleskan jus campuran nenas hijau dan apel ke wajah setiap hari. Cara ini dinyatakan bisa membersihkan muka dari garis-garis halus dan kerutan.

Sementara itu, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah kerutan di wajah timbul terlalu dini. Berikut beberapa tip sederhana lainnya yang bisa membantu Anda:

Pastikan menambah asupan makanan yang kaya vitamin B (telur, daging sapi, ayam, dan whole wheat). Vitamin ini dinyatakan sebagai vitamin terbaik untuk kulit. Selain itu, Anda juga bisa menambah asupan vitamin A, C, dan E yang berperan sebagai antioksidan dan membuat kulit terlihat lebih sehat. Diet ini sangat cocok untuk mencegah munculnya kerutan.

Hindari merokok dan minum alkohol berlebih. Kedua kebiasaan buruk ini bisa memicu peradangan kulit. Peradangan ini pada akhirnya akan menimbulkan kerutan.

Jangan menggosok muka saat membersihkan dan pastikan hanya menggunakan air biasa, bukan air hangat.

Hindari ke luar di tengah hari. Hal ini untuk menghindari paparan sinar ultraviolet matahari yang memicu pengerutan dini.

Pastikan membersihkan wajah sebelum tidur setiap harinya dan pakailah krim yang berfungsi mencegah kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Pijatlah muka secara perlahan dengan menggunakan krim, pastikan arahnya ke atas Cara ini bisa membantu mengencangkan kulit dan mencegah kerutan. Ada baiknya dilakukan di malam hari. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat