Cegah Kanker Payudara Sejak Dini dengan Konsumsi Makanan Berserat

27 Maret 2018 Artikel Kesehatan


Saat mendengar kata kanker, apa yang ada dalam pikiran Anda? Kanker, adalah salah satu penyakit berbahaya yang seringkali mematikan dan gejalanya jarang terlihat jelas pada stadium awal. Banyak dari penderita kanker mengaku terlambat saat menyadari bahwa dirinya telah mengidap penyakit kanker. Namun dengan pola hidup yang sehat, kita pasti bisa mencegah datangnya penyakit mematikan ini.

Pemicunya adalah gaya hidup yang kurang sehat, seperti mengonsumsi alkohol, merokok, bahkan pola makan yang tak sehat. Ada yang menganggap faktor utama terjadinya kanker dalam tubuh seseorang karena faktor keturunan, padahal rumor itu tidak benar. Perubahan gaya hidup yang melewati batas diyakini bisa menjadi salah satu solusi menekan tingginya angka penderita penyakit kanker di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Sampai saat ini kanker payudara masih menjadi salah satu penyakit yang ditakutkan sebagian besar wanita karena menyebabkan kematian. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diperkirakan pada tahun 2020 nanti jumlah kasus kanker payudara akan meningkat.

Untuk mencegah hal itu terjadi, sangat penting bagi setiap wanita untuk membiasakan hidup sehat, seperti tidak merokok, mengonsumsi sayur dan buah, berolahraga, dan melakukan pencegahan lainnya. Melakukan pencegahan kanker payudara bukan hanya dilakukan saat usia dewasa. Namun, saat masih remaja pencegahan itu juga perlu dilakukan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan berserat tinggi saat remaja bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara sebesar 25%. Penelitian ini mengambil 29.480 para wanita remaja yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas untuk dijadikan sampel. Mereka diminta untuk mengisi kuesioner diet. Sepuluh tahun kemudian, 682 dari mereka didiagnosis memiliki kanker payudara yang jinak atau disebut dengan fibradenoma atau BBD.

Selain itu, remaja yang sering mengonsumsi makanan berserat mengurangi risiko terkena kanker payudara sebesar 25%. American Journal of Clinic Nutrition juga menunjukkan bahwa wanita dewasa yang mengonsumsi makanan berserat tinggi, 11% kemungkinannya mengurangi kanker payudara. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan berserat sejak dini.

Makanan berserat tinggi yang bisa Anda konsumsi, antara lain brokoli, jagung, buncis, kacang merah, beras merah, oatmeal, apel, kacang almond, dan makanan berserat lainnya.

Jadi bagi Anda yang memiliki remaja putri sebaiknya juga perlu membiasakan hal tersebut kepadanya. Selain itu, ajarkannya juga kepadanya mengenai gaya hidup sehat agar dijauhkan dari segala penyakit berbahaya, seperti kanker payudara.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)