Cegah Diabetes dengan Quinoa

11 Agustus 2018 Artikel Kesehatan


Quinoa adalah tanaman yang diambil bijinya. Merupakan tanaman pseudocereal (bukan cereal) karena bukan jenis tanaman rumput-rumputan (non-grass), namun banyak dipakai dan dikonsumsi seperti cereal. Tanaman yang satu family dengan Quinoa adalah bayam dan beetroot. Saat ini sudah banyak sekali informasi yang mudah untuk didapatkan mengenai makanan yang menyehatkan tubuh. Tapi apakah Anda sudah tahu makanan bernama Quinoa? Tahukah Anda bahwa makanan ini sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Quinoa adalah sejenis padi-padian yang berasal dari pegunungan Andes, Amerika Selatan. Makanan ini sudah dikenal sebagai makanan pokok masyarakat Indian. Bahkan menurut suku Inca makanan ini adalah makanan sakral yang disebutnya sebagai induk dari semua biji-bijian.

Quinoa juga mengandung magnesium, fosfor, kalium, lisin, mangan, dan besi. Kombinasi tertentu dari nutrisi dan bahan-bahan antioksidan ini diterjemahkan dalam membantu mencegah baik kerusakan sel maupun penyakit kardiovaskular. Menurut sebuah penelitian, quinoa baik untuk diet Anda karena dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan juga telah terbukti mempunyai banyak manfaat terhadap penderita diabetes.

Salah satu kunci hidup sehat bagi penderita diabetes adalah mengelola dan mengendalikan diet. Quinoa yang merupakan gandum memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah bagi penderita diabetes.

Jika sebagian besar biji-bijian tidak memiliki asam amino yang diperlukan untuk membentuk protein, quinoa memiliki protein lengkap. Quinoa juga merupakan sumber tinggi serat yang tidak berdampak pada gula darah Anda dan dapat membantu Anda menjaga berat badan ideal Anda untuk mencegah kondisi kronis lainnya yang berhubungan dengan diabetes.

Itulah manfaat tentang quinoa, jika Anda penderita diabetes alangkah baiknya jika Anda mencobanya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)