Cegah Dehidrasi, Penuhi Kebutuhan Cairan Anda dari Sekarang

10 November 2019 Artikel Kesehatan


Kehilangan cairan atau biasa disebut dehidrasi mengakibatkan tubuh tidak memiliki cukup air dan cairan lainnya untuk menjalankan fungsinya dengan normal. Karena cairan tubuh pada umumnya sangat penting sekali untuk menjalankan aktifitas seharian. Maka dari itu sebaiknya cukupi kebutuhan cairan Anda tiap harinya.

Dehidrasi dialami oleh tiap kalangan. Akan tetapi anak-anak dan orang tua lah yang berisiko terhadap dehidrasi dan bahaya yang dapat ditimbulkannya. Beberapa tanda bahwa Anda sedang terkena dehidrasi tidak melulu saat Anda kehausan. Misalnya mulut kering, kulit kering, sakit kepala , sembelit dan penurunan intensitas buang air kecil juga menandakan bahwa Anda terkena dehidrasi.

Berikut beberapa tips jika Anda mengalami dehidrasi:

Asupan minum yang cukup

Pastinya kalau tubuh kekurangan cairan, solusinya ialah minum yang cukup.Konsumsi air dalam jumlah yang tepat,dua liter atau delapan gelas per hari. Jangan minum sekaligus, takarlah sesuai kebutuhan Anda.

Minum air kelapa

Jika haus masih melanda, minumlah air kelapa, karena kandungan indeks redehdrasi alami yang tinggi, menjadikan kelapa sebagai obat pelepas dahaga dan menggantikan cairan yang hilang pada tubuh.

Gunakan Body Lotion

Dehidrasi pastinya membuat kulit kering, aplikasikan body lotion dengan bahan dasar air. Dan salah satu hal lagi yaitu hindari make up dengan kadar minyak yang tinggi.

Hindari Kopi dan Alkohol

Hindari minuman berkafein dan yang mengandung alkohol, keduanya sama-sama dapat menyebabkan dehidrasi.

Konsumsi Sayur dan Buah

Konsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang cukup, lebih bagus yang memiliki tekstur kaya air dan serat (buncis, pir, semangka dan apel).

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)