Cari Tahu Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan Tubuh!

9 Januari 2019 Artikel Kesehatan


Seperti Anda ketahui, akhir-akhir ini buah sirsak dan manggis merupakan buah yang sangat dicari masyarakat karena khasiatnya. Beberapa produsen kesehatan bahkan memproduksi beberapa pil kesehatan dari kedua buah ini salah satunya ialah sirsak.

Buah yang memilki rasa asam dan manis yang khas ini selain lezat untuk dikonsumsi ternyata daunnya pun memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Daun sirsak ini seringkali digunakan sebagai obat tradisional. Bahkan, daun ini juga terkenal sebagai antikanker alami.

Dengan kandungan yang beragam seperti acetoginin yang menghasilkan senyawa bulatacin, asimisin dan squamosin, daun sirsak dipercaya mampu mengatasi beragam penyakit. Lalu apa sajakah khasiat yang didapat dari daun sirsak? Yuk cari tahu!

Mengobati Asam Urat

Asam urat seringkali dikaitkan dengan penyakit yang hanya menyerang usia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan pria ataupun wanita muda juga terkena penyakit ini. Untuk mengobati asam urat, konsumsi rebusan daun sirsak akan sangat membantu Anda dalam mengatasi penyakit ini.

Ambil 6-10 lembar daun sirsak yang sudah tua (tapi masih hijau), cuci hingga bersih lalu rebus beserta 2 gelas air dan tunggu hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas air. Untuk hasil yang maksimal, minum 2 kali sehari secara teratur.

Mengatasi Diabetes

Daun sirsak juga bisa berperan sebagai penetralisir kadar gula darah dalam tubuh. Kadar gula darah yang normal adalah 70-120 mg. Nah, daun sirsak dapat bertindak menstabilkan hal tersebut ke dalam kisaran normal.

Mengobati Kanker

Inilah manfaat terbesar dari daun sirsak. Sebuah studi penelitian ilmiah dilakukan oleh The National Cancer Institute, menyatakan bahwa daun sirsak secara efektif dapat menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Yang mengejutkan, daun sirsak diketahui lebih efektif dan cepat daripada kemoterapi konvensional.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)