Cara Tidak Biasa Membersihkan Gigi Tanpa Sikat Gigi

7 September 2019 Artikel Kesehatan


Sedang bepergian dan lupa membawa sikat gigi? Jangan khawatir, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan gigi tanpa menggunakan sikat gigi sekalipun. Meski cara-cara ini terdengar tidak biasa, namun cara ini terbukti bisa membersihkan gigi Anda.

Berikut cara membersihkan gigi tanpa sikat gigi:
1. Minum teh

Flavonoid yang dimiliki teh membantu mencegah bakteri bersarang dan menempel di gigi. Bukan hanya itu, teh juga tinggi flouride yang dapat mencegah gula membuat karang gigi. Anda bisa berkumur dengan teh atau mengunyah sebentar teh di dalam kantung teh untuk membersihkan gigi.

2. Minum air putih
Cara alami membuang bakteri, membersihkan mulut sekaligus menjaga nafas segar adalah minum air putih. Bakteri akan ikut terbawa air yang Anda minum dan menurunkan risiko gigi berlubang dan terbentuknya karang gigi.

3. Kayu manis
Penelitian di University of Illinois, Chicago, menemukan bahwa kayu manis atau bahkan permen karet yang memiliki rasa kayu manis bisa mengurangi bakteri dalam mulut. Alasannya? Kayu manis mengandung cinnamic aldehyde, zat yang memberikan rasa dan warna pada kayu manis. Zat ini bisa mencegah terjadinya lubang pada gigi yang disebabkan oleh bakteri.

4. Makanan berserat
Makanan yang renyah, tidak terlalu manis dan berserat seperti buah apel, wortel, belimbing dan nanas sangat baik membersihkan gigi. Mengunyah seratnya bisa sekaligus menggosok gigi dari sisa makanan yang menempel. Jadikan buah dan sayur ini sebagai makanan penutup untuk membersihkan bakteri yang tersisa setelah makan. Setelah itu, Anda cukup berkumur dengan air bersih.

5. Mengunyah permen karet ber-xylitol
Cara mudah membersihkan gigi adalah dengan mengunyah permen karet. Pilih yang ber-xilytol karena membantu membunuh bakteri, menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut.

Jadi, jika lupa bawa sikat gigi atau tidak sempat sikat gigi, cara di atas bisa diterapkan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)