Cara Terapi untuk Menurunkan Mata Minus

25 Januari 2014 Artikel Kesehatan


Banyak orang berpikir mata minus adalah sesuatu yang permanen dan tidak dapat di sembuhkan. Minus atau rabun jauh pada mata bisa disebabkan oleh berbagai faktor atau berbagai hal diantaranya adalah sering dan lamanya menggunakan komputer atau laptop, sering menonton tv dalam jarak dekat, atau pun seringnya bermain menggunakan atau melihat layar tablet atau playstation, seringnya membaca buku, kurangnya mendapat sinar matahari yang cukup, banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kadar gula dan lain-lainnya yang mengakibatkan mata kurang untuk bisa melihat jarak pandang yang jauh.

Salah satu cara untuk mengurangi minus pada mata adalah dengan cara melakukan terapi untuk mata Anda agar bisa lebih baik dari sebelumnya, diantaranya yaitu:

1. Cobalah untuk mengurangi pegunaan kacamata agar mata menjadi tidak menjadi ketergantung dengan kacamata.

2. Hindari pemakaian dari kontak lens karena dapat menggangu kinerja kerja pada mata Anda dan juga dapat menimbulkan efek kemerahan pada mata.

3. Melakukan senam mata dengan cara sering mengedipkan atau menggerak-gerakkan mata agar mata bisa lebih rileks setelah digunakan untuk bekerja di depan komputer atau laptop, menonton tv atau yang lainnya.

4. Latihlah mata Anda dan cobalah untuk melihat pemandangan dengan jarak yang cukup luas atau tempat-tempat yang memiliki jarak pandang yang luas, seperti di lapangan, pantai, padang rumput, sawah dan lain-lain. Karena mata biasa digunkan untuk melihat tempat-tempat yang cenderung sempit dan dekat akan membuat mata tidak terbiasa untuk melihat pada jarak pandang yang jauh.

5. Jangan terlalu sering mengucek mata Anda, cobalah gunakan tetes mata untuk membersihkan mata Anda.

6. Menggunakan lilin untuk alat terapi dengan cara melihatnya selama beberapa detik tanpa mengedipkan mata, konsentrasikan mata Anda pada lilin tersebut.

7. Pakailah kaca mata hitam jika berpergian dengan sepeda maupun sepeda motor agar mata tidak kemasukan debu atau hewan-hewan kecil dan terhindar dari silau sinar matahari.

8. Jika bisa gunakan obat tetes mata yang terbuat dari bahan-bahan alami dan bahkan bisa mengurangi mata minus pada Anda.

9. Kurangi untuk membaca atau menonton tv dengan penerangan yang kurang terang, kurangi atau hindari pemakaian komputer, lapto, tablet, maupun bermain playstasion secara berlebihan. Jika mendesak untuk menggunakan komputer atau laptop untuk bekerja, jangan fokuskan mata Anda ke layar saja secara terus-menerus, cobalah untuk menggerakan mata Anda ke sudut-sudut ruangan sebentar, agak mata tidak terlalu perih dan sakit karena menatap layar komputer atau laptop dalam jangka waktu yang cukup lama dan terus-menerus. Anda juga bisa mengurangi pencerahan di layar komputer atau laptob Anda. Jika ingin menonton TV jaga lah jarak yang lumayan jauh dari TV Anda. Jika ingin membaca, Anda juga bisa menggunakan kacamata baca.

10. Selain dengan melakukan cara-cara diatas Anda juga bisa mengkonsumsi makanan, sayuran atau buah-buahan yang mengandung vitamin yang bagus untuk mata Anda seperti daun sirih, bayam, brokoli, alpukat, wortel, dan apel. Telur dan ikan salmon, ikan cod dan ikan tuna yang mengandung omega 3 juga dapat digunakan sebagai vitamin untuk mata. Anda pun bisa mengkonsumsi multivitamin atau suplemen untuk mata.

11. Anda juga harus sering mengistirahatkan mata, agar mata Anda tidak kelelahan dalam menjalani aktivitas-aktivitas yang Anda lakukan. Tidur dan istirahatlah yang culup. Selain baik untuk mata, juga bagi bagi kesehatan tubuh Anda.

Dan pastikan juga untuk secara rutin mengunjungi dokter mata dan mengecek kadar minus mata anda setidaknya setahun sekali. Semoga ada perubahan dan berhasil!

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)