Cara Tepat dan Aman Membersihkan Telinga Bayi

9 Januari 2014 Artikel Kesehatan


Jangan meremehkan merawat telinga anak secara rutin, tujuannya supaya tidak terganggu pendengarannya, apalagi sampai kotoran di telinga anak menumpuk. Tak selamanya membersihkan telinga itu baik. Salah penggunaan, justru bisa terjadi iritasi pada telinga, atau bahkan komplikasi pada alat dengar.

Sebagai orangtua teladan, sebaiknya buatlah jadwal untuk membersihkan telinga anak secara periodik. Sebab kalau tidak, bisa-bisa antaran bunyi pada telinga si kecil bisa terganggu. Selain itu, jika tidak telaten, nanti kotoran akan mengeras dan makin susah dikeluarkan.

Lalu bagaimana cara agar telinga anak terjaga kebersihannya dan jernih pendengarannya? Simak tip berikut ini.

Jangan bersihkan bila sudah kering

Jangan mencoba untuk membersihkan telinga bayi bila sudah kering. Hal ini akan menyebabkan iritasi kulit dan goresan.

Bersihkan saat sedang mandi

Mandi adalah waktu terbaik untuk membersihkan telinga bayi Anda. Karena pada kondisi basah, sangat memudahkan proses membersihkan telinga. Gunakan kain yang lembab untuk membersihkan bagian luar telinga. Setelah itu, bersihkan bagian dalam lipatan telinga dengan lembut sampai kering.

Jangan menggunakan kapas

Jangan masukkan kapas pembersih telinga (cotton bud) ke dalam telinga bayi, tapi cukup gunakan ujung kapas untuk membersihkan telinga bagian luarnya. Karena jika memasukkan seluruh kapas pembersih telinga ke dalam telinga, risikonya kapan bisa tertinggal di dalam telinga, akhirnya dapat merusak gendang telinga yang akan berakibat terjadi komplikasi lebih lanjut.

Gunakan kain hangat

Gunakan kain yang telah direndam dengan air hangat untuk membersihkan telinga si kecil. Jika ritual ini secara teratur, cara ini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati di sekitar telinga anak dan tentunya menjaga kebersihan telinganya.

Jangan bereksperimen dengan racikan obat sendiri

Ada beberapa orangtua yang sering mempercayakan ramuan turun temurun dalam keluarga untuk mengobati anak mereka, tetapi ketika sang buah hati masih bayi, sebaiknya jangan melakukan aksi coba-coba, sebelum mengetahui efek sampingnya terlebih dulu. Dalam perawatan bayi, sebaiknya jalani apa yang disarankan oleh dokter, karena terbilang aman dan telah terbukti khasiatnya.

Tetes telinga

Apabila ada beberapa kotoran di telinga bayi Anda yang tidak dapat dibersihkan, coba gunakan tetes telinga. Namun, sebelum menggunakannya lebih baik konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

Hati-hati

Bayi mungkin akan merasa tidak nyaman saat Anda membersihkan telinganya. Jadi, jika bayi mulai bertingkah, Anda harus lebih berhati-hati dan ekstra sabar dalam menghadapinya. Kalau tetap dipaksakan bisa menyebabkan beberapa cedera serius.

Oleh: Iman S
(Dikutip dari berbagai sumber)