Cara Sehat Saat Musim Hujan

7 Februari 2018 Artikel Kesehatan


Musim hujan tiba, udara semakin dingin, hujan tak tentu, banyak orang kehujanan dan sakit. Sudah menjadi kebiasaan bahwa banyak orang mudah sakit saat musim hujan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, musim hujan bisa menurunkan kondisi kesehatan seseorang. Tidak cuma hawa dingin atau banjir yang mengikutinya, tapi juga membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Mulai dari flu, penyakit kulit, demam,diare dan lainnya. Alangkah baiknya anda tetap menjaga kesehatan selama musim hujan berlangsung.

Hadirnya bermacam penyakit tersebut adalah hal yang wajar, pasalnya sinar matahari yang biasanya bisa membunuh kuman sering kali terhadang awan gelap. Oleh karena itu, pastikan anda harus tetap fit dan menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Bagaimana caranya?

Berikut beberapa tips sederhana yang bisa diikuti:
1. Banyak minum air putih
Musim hujan, udara lebih dingin, banyak orang malas minum. Kebiasaan ini akan membuat anda mudah mengalami dehidrasi. Padahal, tubuh yang memiliki pasokan air cukup akan menambah daya tahan tubuh. Jadi, pastikan anda tetap mengonsumsi cairan setidaknya 1,5 liter setiap hari.

2. Cukup istirahat
Sebisa mungkin, tidur tepat waktu. Tidur akan mengembalikan kondisi tubuh dan memulihkan stamina. Tidur juga bisa menghilangkan stres. Tidur juga akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh anda. Karena itu, pastikan anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat di malam hari.

3. Jangan makan sembarangan
Berhati-hati dalam menyantap makanan, hindari tempat penjual makanan yang kurang terjaga kebersihannya. Perbanyak serat dan makan makanan yang mengandung vitamin, seperti buah dan sayuran. Kalau perlu, tambah dengan multivitamin.

4. Pastikan anda cukup hangat
Ini berkaitan dengan kenyamanan. Jika anda kehujanan dan kedinginan, Anda akan merasa lemah dan sugesti ini membuat anda benar-benar terserang penyakit. Kenakan jaket atau pakaian yang tebal untuk melindungi tubuh dari suhu dingin. Kalaupun harus menerjang hujan, gunakan payung atau jas hujan. Jika anda suka, boleh juga membalurkan minyak kayu putih di tubuh. Untuk menghangatkan tubuh dari dalam, semangkuk sup hangat atau segelas jahe boleh juga dicoba.

5. Tetap berolahraga
Cuaca yang tidak bersahabat seringkali menjadi penghalang aktivitas olahraga outdoor. Akibatnya intesitas olah raga akan berkurang. Untuk meyiasatinya bisa mencoba aneka olahraga yang bisa dilakukan secara indoor, seperti senam aerobik dengan panduan video, sit up, atau skipping (lompat tali) dan olah raga indoor lainnya.

Lebih baik mencegah penyakit daripada mengobati. Karena anda butuh energi lebih untuk menghadapi segala kemungkinan yang muncul di musim hujan ini, maka lebih baik memastikan bahwa tubuh anda dalam keadaan terbaik. Dengan begitu, aktivitas sehari-hari pun bisa dilakukan dengan lancar, tak peduli hujan menghadang. Cukup mudah bukan? Waspada walau musim hujan datang, segala aktivitas jangan sampai tertunda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)